Hadiri Pengukuhan FKUB, Ka.Kankemenag Harap Sinergitas Bisa Terus Terjalin

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I berharap dengan dikukuhkannya pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kab. Balangan yang baru sinergitas antara FKUB dan Kemenag yang sudah semenjak dulu dibina kedepannya bisa tetap berlanjut.

 

"FKUB berperan dalam membangun harmonisasi antar umat beragama, dan itu sejalan lurus dengan salah satu misi Kemenag RI yang berbunyi 'memperkuat moderasi beragama dan kerukunan umat beragama'. Sinergi yang ada juga tidak hanya terbatas antara FKUB dan Kemenag, namun juga dengan pemerintah daerah selaku pemangku kebijakan," ujarnya saat menghadiri acara Pengukuhan FKUB Kab. Balangan 2021-2025 di Aula Benteng Tundakan, Rabu (13/10/21).

 

Salah satu bentuk sinergi nyata antara Kemenag dan FKUB adalah Kemenag RI selama ini telah mengalokasikan anggaran operasional FKUB untuk tugas merawat kerukunan umat di setiap Kab/Kota termasuk Kab. Balangan.

 

“Anggaran tersebut tentu masih tidak seberapa bila dibandingkan dengan permasalahan keagamaan yang ada dalam satu daerah. Disini Pemerintah Daerah diharap juga bisa memberi perhatian lebih bagi FKUB agar program-program yang disusun bisa terealisasi,” tambahnya.

 

Yamani selanjutnya berharap agar anggota FKUB dapat terus memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang arti kerukunan dan kedamaian karena FKUB pada dasarnya beranggotakan para tokoh agama yang dipercaya baik oleh pemerintah maupun masyarakat.

 

"Tugas mempertahankan kerukunan umat di Balangan diemban di pundak para pengurus, terlebih dengan status Balangan sebagai miniatur Indonesia dalam penerapan kerukunan beragama. Dengan semangat pengurus baru semoga Kabupaten Balangan semakin aman, damai dan kondusif," harapnya.

 

Sementara Wakil Bupati Balangan H. Supiadi yang secara langsung mengukuhkan 17 orang pengurus FKUB Kab. Balangan berharap dengan adanya FKUB sebagai tokoh dan pemuka pendapat maka bisa menjadi teladan yang baik bagi masyarakat Balangan.

 

"Jangan pernah lupakan maksud dan tujuan dibentuknya FKUB agar niatan baik yang ada terus diingat dalam setiap jejak rekam perbuatan FKUB," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments