Ikuti Evaluasi Pilot project ZI, Ka.Kankemenag: Sarana Mempersiapkan Instansi

 



Banjar (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I menyampaikan bahwa meskipun sekarang Kantor Kemenag Balangan belum termasuk satker piloting Zona Integritas (ZI) Tahun 2021, keikutsertaan dalam evaluasinya tetap penting sebagai wujud mempersiapkan diri saat nanti mendapat giliran sebagai pilot project ZI.

 

"Ke depannya semua kemenag dan madrasah akan mendapat giliran sebagai piloting ZI. Sekarang memang baru ada 6 kemenag yang ditunjuk dan Kemenag Balangan tidak termasuk di dalamnya, namun di tahun berikutnya kemungkinan besar kita ikut dalam program ini," ujarnya saat menghadiri Kegiatan Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Satker Pilot Project pada Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan di Hotel Kertak Hanyar, Kamis (21/10/21).

 

Yamani selanjutnya menjelaskan bahwa untuk tahun 2021, satker di Kemenag Balangan yang ditunjuk sebagai pilotong ZI adalah MAN 4 Balangan yang mana dalam kegiatan ini nantinya akan dilakukan evaluasi terkait sejauh mana pilot project di madrasah bisa menciptakan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Bersih Melayani (WBM).

 

"Dengan melihat evaluasi piloting ZI dari berbagai satker, kita bisa belajar tentang apa saja yang harus dipersiapkan, baik terkait kelompok kerja (pokja) maupun isian form dan cheklist yang harus dilengkapi. Kalau bisa kita coba untuk bentuk Tim ZI terlebih dulu sebagai upaya mempersiapkan diri menghadapi piloting ZI Kantor Kemenag Balangan saat penunjukannya tiba," ungkapnya.

 

Puji Cahyadi, S.Kom, Pranata Komputer Kantor Kemenag Balangan yang juga turut berhadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan banyak belajar dari seluruh paparan materi, baik yang disampaikan oleh Kakanwil Kemenag Kalsel, Irjen maupun Pokja Piloting ZI tiap satkernya.

 

"Usai acara ini akan kita adakan kembali rapat tindak lanjut di instansi Kemenag Balangan terkait bagaimana upaya mempersiapakn diri mengikuti program ZI menuju WBK dan WBM. Semoga dimudahkan," pungkasnya.

 

Satker piloting ZI di Kalsel terdiri dari 4  Kemenag dan 11 Madrasah Aliyah, yaitu Kemenag Banjarmasin, Banjarbaru, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, dan Tabalong serta MAN Tanah Laut, MAN 1 Batola, MAN 2 Banjarmasin, MAN 4 Banjar, MAN 1 Tapi, MAN 1 HST, MAN 2 HSS, MAN 2 HSU, MAN 4 Balangan, MAN 2 Tabalong dan MAN Kotabaru.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments