Jelang ANBK, Madrasah Ibtidaiyah Lakukan Simulasi

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Rahmadi S.Pd.I, MM menyatakan bahwa jelang pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang dijadwalkan pada bulan November 2021, sejumlah madrasah melakukan simulasi untuk memastikan tidak ada masalah dalam pelaksanaan aktual nantinya.

 

"Alhamdulillah, dari sejumlah laporan yang kami terima, proses simulasi berjalan lancar. Para murid diminta untuk datang ke sekolah langsung dan mengoperasikan komputer sehingga apabila ada yang masih belum paham atau timbul kendala, proktor bisa membantu mengarahkan," ujarnya saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Senin (18/20/21).

 

Adapun laporan kendala yang ditemukan di lapangan adalah terkait lemahnya sinyal sehingga laman ANBK yang diakses macet dan tidak bergerak maju. Untuk memastikan kejadian ini tidak terulang di dalam pelaksanaan ANBK nantinya, Rahmadi meminta agar madrasah menyiapkan infrastruktur ISP Internet dengan baik supaya jaringan menjadi stabil.

 

"Walaupun lelet, yang penting siswa sudah bisa login karena artinya biodata siswa dan pengaturan sesi telah masuk ke dalam sistem Web ANBK dan siswa tercatat secara resmi sebagai peserta ANBK," tambahnya.

 

Terkait jadwal ANKB, Rahmadi menjelaskan ada perubahan dari yang sebelumnya pada tanggal 8-11 November 2021 untuk pelaksanaan AN Jenjang MI gelombang I dan 15-18 November 2021 untuk pelaksanaan AN Jenjang MI Gelombang II berubah menjadi tanggal 15-18 November 2021 untuk pelaksanaan AN Jenjang MI Gelombang I dan II dan tanggal 22-55 November 2021 untuk pelaksanaan AN Jenjang MI Gelombang III dan IV.

 

"Perubahan jadwal hanya bersifat teknis. Yang penting kita sudah menyiapkan semua dengan baik terutama terkait infrastruktur dan perangkat yang digunakan untuk akses uji ANBK. Semoga pelaksanaan ANBK Madrasah Ibtidaiyah Tahun 2021 di Kab. Balangan berjalan lancar," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments