Ka.Kankemenag Harap Peserta Bisa Ikuti Doa Bersama Secara Langsung Via Zoom Meeting

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H.Muhammad Yamani, M.Pd.I mengatakan seiring dengan akan dilangsungkannya kegiatan Doa Bersama untuk Keselamatan Banua dan Bangsa ke-15,  didapati laporan bahwa peserta lebih banyak yang mengikuti acara melalui media Youtube dibanding masuk langsung ke zoom meeting.

 

"Apabila dilihat dari jumlah absensi, peserta yang mengikuti acara doa bersama memang meningkat. Namun apabila dilihat jumlah peserta yang masuk ke zoom malah menurun, dimana pada minggu kemarin tercatat sebanyak 826 peserta. Ternyata hal ini disebabkan akibat peserta yang lebih memilih mengikuti acara lewat Youtube ketimbang zoom meeting," ujarnya saat mengikuti Rapat Persiapan Doa Bersama untuk Keselamatan Banua dan Bangsa Season 15 via zoom meeting di ruang kerjanya,  Jumat (29/10/21).

 

Salah satu alasan peserta memilih mengikuti acara lewat Youtube dibanding zoom adalah karena lewat Youtube lebih praktis sebagaimana seperti melihat televisi, sedangkan apabila melalui zoom, gerak gerik peserta akan terlihat jelas dan membuat peserta tidak leluasa melakukan aktivitas lain.

 

"Tentu faktor internet juga menjadi penentu utama karena kuota yang digunakan untuk mengikuti zoom lebih besar dibanding mengakses Youtube," tambahnya.

 

Yamani selanjutnya menyampaikan bahwa untuk acara Doa Bersama ke-15 diketahui ada 492 Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Kankemenag Balangan yang menyatakan siap, namun jumlah tersebut kemungkinan akan mengalami fluktuasi saat kegiatan aktual berlangsung.

 

"Biasanya ada margin error lebih dari 50 peserta saat acara berlangsung malamnya, sehingga jumlah peserta menurun dibanding yang diharapkan. Salah satu faktornya seperti yang dibilang tadi yaitu sinyalnya, apalagi untuk daerah jauh seperti Halong, Juai dan Tebing Tinggi, biasanya susah untuk masuk," terangnya.

 

Menanggapi hal tersebut, Yamani menghimbau kepada ASN agar apabila masih bisa masuk acara lewat zoom, maka sebaiknya ikuti acara via zoom saja karena kegiatan doa yang dilakukan dengan duduk tenang menyaksikan acara tentu akan bisa berlangsung lebih khusyu ketimbang mengikuti acara di Youtube secara sambil lalu.

 

"Kami dari Kemenag Balangan terus mendukung kegiatan Doa Bersama untuk Banua dan Bangsa ini dan meminta kepada seluruh Kepala Seksi dan Penyelenggara, serta ke pondok pesantren, madrasah, penghulu, penyuluh dan pokjawas untuk ikut berpartisipasi dalam acara ini. Semoga kegiatan kita dilancarkan,"pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments