Ka.Kankemenag: Wirausaha Bukan Cuma Demi Cari Keuntungan Dunia, Juga Keberkahan Akhirat

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kab. Balangan Drs. H. Muhamamd Yamani, M.Pd.I, menekankan pentingnya penerapan nilai-nilai spiritual dalam berwirausaha sehingga usaha yang dijalankan tidak hanya dilakukan dengan niatan mencari keuntungan semata, namun juga demi mendapat keberkahan akhirat.

 

"Nilai spiritual penting dalam wirausaha karena hanya dengan berpegang teguh keyakinan pada yang Yang Maha Kuasa, seseorang dapat terus berusaha apapun masalah dan hambatan yang dihadapi," begitu disampaikannya saat menjadi pemateri dalam Pelatihan Pemasaran Produk UKM melalui IT (e-Commerce) Bagi Usaha Mikro dan Usaha Kecil di Aula Inspektorat Kab. Balangan, Kamis (14/10/21).

 

Lebih jauh menurut Yamani, seseorang dikatakan sukses apabila dia yang mampu mempersembahkan usaha terbaik dalam hidupnya bukan hanya dalam pencapaian dunia melainkan juga pencapaian akhirat, sehingga setiap usaha yang dilakukannya tidak terlepas dari nilai-nilai spiritual Islam.

 

"Akan lebih baik jika bisnis usaha yang kita lakukan tidak hanya menciptakan kemaslahatan hidup antar manusia, namun juga bisa memecahkan permasalahan di masyarakat," tambahnya.

 

Adapun terang Yamani nilai-nilai spiritual yang bisa diterapkan dalam berwirausaha adalah berbisnis untuk mencari ridho Allah semata, selalu berpikir positif, selalu berorientasi pada akhirat dan amal ma'ruf nahi munkar.

 

"Pada dasarnya segala kegiatan yang berdasarkan asas-asas keimanan maka semuanya merupakan suatu bentuk ibadah, begitu juga dengan berwirausaha. Mari berbisnis motivasinya tidak hanya untuk mencapai keuntungan materi, namun mencapai keberkahan di akhirat kelak," pungkasnya.

 

Acara yang diselenggarakan selama empat hari pada tanggal 11-14 Oktober 2021 tersebut digelar oleh Pelatihan Koperasi dan Usaha Kecil Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengan Provinsi Kalimantan Selatan dan diikuti oleh 30 orang peserta.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments