Kasi Penmad: Peran Guru Tetap Tak Tergantikan di Era Digital

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi)  Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Rahmadi, S.Pd.I, MM menyatakan bahwa di tengah perkembangan zaman yang kini telah memasuki era digital, peran guru tetap tak bisa tergantikan, bahkan oleh mesin sekalipun.

 

"Walaupun sekarang telah muncul berbagai macam Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang menggantikan berbagai peranan bahkan memberikan kemudahan dalam layanan tertentu, peranan guru tetap tidak bisa digantikan dengan AI karena guru bukanlah robot yang hanya bertugas menstransfer pengetahuan, tapi juga membentuk karakter siswa," ujarnya saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Senin (25/10/21).

 

Meski begitu tambah Rahmadi, peranan guru yang tak tergantikan jangan membuat guru berbangga diri dan tidak menambah wawasan, namun justru harus memacu diri agar tidak ketinggalan dengan perkembangan zaman.

 

"Sekarang bahkan kita sadari murid bila memiliki persoalan lebih memilih bertanya ke google ketimbang gurunya. Jangan sampai peran guru benar-benar kalah pamor dibanding google karena google hanya mesin, tidak bisa menyaring informasi yang pantas diberikan ke siswa, berbeda dengan guru," tambahnya.

 

Salah satu upaya guru agar dapat bertahan di era digital adalah dengan menguasai lima literasi, yaitu literasi membaca, menulis, numerasi, sains dan sosial budaya. "Literasi sains yang dianggap paling sulit justru sebenarnya sangat penting dikuasai agar Indonesia bisa merebut kunci-kunci peradaban di masa mendatang," ungkapnya.

 

Rahmadi juga berpesan agar meskipun zaman terus berubah, madrasah yang memiliki khazanah sendiri dan pilar kekuatan keagamaan, nasionalisme, kemandirian, keumatan dan kemodernan jangan sampai begeser hingga tidak memiliki ciri khas sama sekali.

 

"Madrasah dan era digital tetap bisa berdampingan. Guru selaku penggerak madrasah harus bisa maju agar pendidikan yang diperoleh anak didik juga bertambah yang akhirnya berimbas pada kemajuan madrasah itu sendiri," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments