Ka.Subbag TU: Gaungkan Pesan Dasar Keagamaan dalam Moderasi Beragama

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Sub Bagian (Ka.Subbag) Tata Usaha (TU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kab. Balangan Harmainor, S.Pd.I, MM menyatakan terdapat tujuh pesan dasar yang harus digaungkan  demi memperkuat muatan moderasi beragama di Indonesia.

 

"Pertama adalah memajukan kehidupan umat beragama yang diwujudkan dalam sikap hidup amanah, adil serta menebarkan kebajikan dan kasih sayang terhadap sesama umat manusia," ujarnya usai mengikuti zoom tentang Kerukunan Umat Beragama di ruang kerjanya pada Senin (18/10/21).

 

Yang kedua adalah menjunjung tinggi keadaban mulia dengan menjadikan nilai-nilai universal dan pokok ajaran agama sebagai pandangan hidup dengan tetap berpijak pada jati diri Indonesia. Dan yang ketiga menghormati harkat martabat kemanusiaan dengan mengutamakan sikap memanusiakan manusia, baik laki-laki maupun perempuan atas dasar kesetaraan hak dan kewajiban warga negara demi kemaslahatan bersama.

 

"Yang berikutnya adalah memperkuat nilai moderat dengan mempromosikan dan mengejawantahkan pengalaman dan cara pandang, sikap dan praktik keagamaan jalan tengah. Muatan lainnya yaitu mewujudkan perdamaian, menghargai kemajemukan, serta menaati komitmen berbangsa dengan menjadikan konstitusi sebagai panduan kehidupan umat beragama dalam berbangsa dan bernegara, serta mentaati aturan hukum dan kesepakatan bersama," tambahnya.

 

Apabila semua pesan dasar keagamaan tersebut telah dilaksanakan, ungkap Harmainor, maka keberhasilan moderasi beragama dapat diukur dengan empat indikator yang muatannya selaras dan saling berkaitan. "Indikator tersebut adalah komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan penerimaan terhadap tradisi. Semakin tinggi indikator tersebut, berarti moderasi beragama dalam kehidupan masyarakat Indonesia dipandang berhasil," jelasnya.

 

Harmainor berharap kerukunan umat beragama di Kab. Balangan yang sering dijuluki sebagai miniator Indonesia bisa tetap terjaga dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sebagai sebagai garda terdepan pelopor kerukunan di Kab. Balangan bisa terus menggaungkan pesan dasar keagamaan tersebut dalam berbagai kegiatannya, terutama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

 

"Apabila semua pesan dasar tersebut bisa dilaksanakan dan indikator moderasi beragama berada di angka indeks tinggi, maka tidaklah mustahil bagi FKUB Kab. Balangan, atau secara umum Kab.Balangan mendapatkan penghargaan Harmony Award pada pergelaran yang akan berlangsung di tahun-tahun ke depan," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments