Ka.Subbag TU: Mulai Reformasi Birokrasi dengan Penerapan Nilai-Nilai Kementerian Agama

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Ka.Subbag TU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Harmainor, S.Pd.I, MM menuturkan bahwa reformasi birokrasi bisa mulai dilakukan oleh seluruh ASN dengan menerapkan nilai-nilai Kementerian Agama khususnya di lingkungan kerja.

 

"Mulai proses reformasi birokrasi dengan menanamkan dalam diri tentang apa hal yang baik dan benar serta patut dilakukan selaku bagian dari keluarga besar Kementerian Agama. Maknai lima nilai Kementerian Agama dalam bekerja, sehingga tidak akan ada niatan untuk melakukan kecurangan yang akan merusak tatanan birokrasi pemerintahan negara," ujarnya usai mengikuti zoom Sosialisasi Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 29 Tahun 2020 tentang Road Map Kementerian Agama 2020-2024 di ruang kerjanya, Senin (4/10/2021).

 

Adapun lima nilai kementerian agama yang dimaksud terang Harmainor adalah Keimanan dan Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Integritas, Profesionalitas, Tanggung Jawab serta Keteladanan. "Kepemimpinan dan profesionalitas ASN akan didasarkan kepada lima nilai Kementerian Agama tersebut demi menciptakan tata kelola birokrasi yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel," tegasnya.

 

Pada zoom tersebut Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag selaku pemateri menjelaskan bahwa roadmap Kemenag Tahun 2020-2024 lebih menekankan hal-hal yang bersifat implementatif dan penyusunan strateginya diarahkan untuk menjawab permasalahan konkrit yang terjadi di lapangan.

 

"Analisis dilakukan secara komprehensif dan antisipatif sehingga didapatkan potret permasalahan, tantangan dan kemajuan birokrasi yang utuh," jelasnya.

 

Selanjutnya Nizar menjelaskan beberapa isu strategis reformasi birokrasi yang terdiri dari penyederhanaan struktur kelembagaan birokrasi, penerapan manajemen kinerja, penerapan manajemen risiko dan transformasi digital.

 

"Mengingat kegiatan ini adalah mandatori nasional, maka seluruh proses akan senantiasa dilakukan pemantauan, pemantauan dan evaluasi yang dilakukan oleh tim secara berjenjang dan berkala. Semoga Kemenag dapat senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," tandasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments