Minat Masih Rendah, Ka.Kankemenag Gelar Sosialisasi Vaksin ke Pondok Pesantren

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Mengingat masih rendahnya minat vaksinasi Covid-19 di lingkungan pondok pesantren, Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kab.Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I bersama-sama Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid Kab. Balangan kembali menggelar sosialiasi vaksinasi di Pondok Pesantren Riyadhul Muhibbin, Senin (4/10/2021).

 

Dalam sosialisasi yang tidak hanya dihadiri oleh santri namun juga oleh para orang tua santri, H. Rahmi dari tim satgas meminta agar santri tidak mudah percaya dengan informasi hoaks yang berkembang di masyarakat terkait vaksinasi Covid-19 sehingga menurunkan minat santri untuk mengikuti vaksin.

 

"Banyak berita hoaks yang mempertanyakan tentang kehalalan vaksin, padahal Majelis Ulama Indonesia (MUI) sendiri telah mengeluarkan pernyataan bahwa vaksin Covid-19 itu aman dan halal, serta terbukti efektif untuk menekan memburuknya kondisi seseorang yang terpapar Covid," jelasnya.

 

Sementara Ka.Kankemenag Balangan H. Muhammad Yamani menyampaikan bahwa vaksin adalah salah satu bentuk ikhtiar lahir mencegah Covid-19 bertambah luas di lingkungan dan bukan hanya sebagai usaha melindungi diri sendiri, namun juga orang-orang terdekat yang dikasihi.

 

"Untuk ikhtiar bathin saya yakin para santri di pondok pesantren tidak pernah henti-hentinya memanjatkan doa agar Covid-19 bisa diangkat dari tanah Indonesia. Dengan dijalankannya ikhtiar lahir dan ikhtiar bathin dalam mencegah Covid, selanjutnya kita serahkan kepada Allah untuk menjaga para alim ulama kita agar senantiasa sehat dan panjang umur demi bisa terus melantunkan ayat Allah di muka bumi," ungkapnya.

 

Pimpinan Pondok Pesantren Riyadhul Muhibbin KH. Ahmad Saubari menyambut baik acara sosialisasi yang digelar dan menyatakan siap mendukung program pemerintah terkait penanganan Covid-19 dengan pengadaan vaksinasi.

 

"Akan kami tindak lanjuti kegiatan hari ini dengan meminta konfirmasi kepada para orang tua dan santri yang bersedia untuk divaksin, yang mana datanya nanti akan kami sampaikan ke instansi terkait untuk ditindaklanjuti," pungkasnya.

 

Selain Ka.Kankemenag Balangan dan tim Satgas Covid-19 Kab. Balangan, berhadir pula dalam acara tersebut Camat Paringin, pewakilan Dinas Kepolisian, serta perwakilan Polsek Paringin.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments