Monitoring ANBK, Pengawas Harap Prestasi Siswa Meningkat

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Pengawas madrasah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan H. Rahmatullah, S.Ag. berharap melalui pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), maka prestasi siswa yang ada di madrasah bisa ditingkatkan lewat ujian yang tidak hanya akan mengasah otak, namun juga menambah wawasan.

 

Dalam keterangannya saat melakukan monitoring ANBK di MTsN 4 Balangan, Rahmatullah menyampaikan bahwa tujuan digelarnya ANBK adalah untuk mengetahui gambaran karakteristik esensial madrasah yang efektif dalam mengembangkan kompetensi dan karakter siswa.

 

"Karenanya pengetahuan kognitif yang diujikan lebih luas mencakup tes literasi, tes numerasi, survey karakter dan survey lingkungan hidup," ujarnya pada Rabu (6/10/2021).

 

Lebih jauh terang Rahmatullah bahwa dalam ANBK tidak hanya siswa yang harus mengikuti asesmen, kepala madrasah dan para guru juga diminta untuk mengisi survei lingkungan dimana hal ini merupakan bagian tak terpisahkan dari rangkaian uji ANBK.

 

"Guru sejatinya adalah seorang pendidik, karenanya guru yang paling mengerti dan memahami lingkungan yang paling ideal dalam proses pembelajaran. Dengan adanya masukan baik dari siswa maupun guru, maka diharapkan dapat muncul rumusan tentang bagaimana mutu suatu madrasah saat ini serta strategi peningkatan ke depannya,"jelasnya.

 

Dalam uji ANBK kali ini, Rahmatullah menyampaikan bahwa pelaksanannya berjalan dengan lancar dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. "Semoga anak didik kita semua berprestasi, taat kepada kedua orang tuanya, guru-gurunya serta berguna bagi agama, nusa dan bangsa. Amin," pungkansya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments