Pokjawas Diminta Segera Susun Jadwal PKKM Tahun 2021

  

Paringin (Kemenag Balangan) -  Pengawas Madrasah  Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kab. Balangan Zainal Abidin, S.Pd.I menyampaikan bahwa para Pengurus Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) diminta segera menyusun jadwal pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) Tahun 2021 dan diharapkan pelaksanaannya selesai pada bulan Desember ini.

 

Keputusan tersebut didapat usai mengikuti rapat Pengurus Pokjawas Madrasah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang digelar via zoom pada Rabu (6/10/2021). "Mengingat sekarang kita sudah berada di bulan Oktober, tidak terasa tahun 2021 akan segera berakhir sehingga pelaksanaan PKKM yang memang merupakan agenda tahunan tidak boleh ditunda lagi," jelasnya.

 

Zainal menjelaskan bahwa PKKM adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah. Ada lima komponen penilaian yang terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan.

 

"Komponen tersebut yaitu usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas managerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan, serta hasil kinerja kepala madrasah. Untuk hasil kinerja dilakukan per empat tahun, sementara empat komponen lainnya dinilai setiap satu tahun sekali," paparnya.

 

Menindaklanjuti rapat tersebut, Zainal menyampaikan bahwa para pengawas madrasah akan mendiskusikan jadwal pelaksanaan PKKM yang sekiranya bisa dirampungkan secepat mungkin agar para kepala madrasah yang melaksanakan penilaian bisa mempersiapkan diri.

 

Dalam rapat pengurus tersebut juga dihasilkan keputusan terkait pelaksanaan Rakor Provinsi Pokjawas yang dijadwalkan tertanggal 10-11 November 2021 secara luring di Kabupaten Tapin.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments