Uji Seminar RA, Ka.Kankemenag Harap Inovasi CPNS Bermanfaat di Tempat Kerja

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I berharap inovasi para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang disampaikan dalam seminar Rancangan Aktualisasi (RA) bisa memberikan manfaat di instansi kerja tempat CPNS mengabdi.

 

"RA yang disusun peserta CPNS tentu sudah mendapat persetujuan dari mentor yang notabene adalah atasan mereka di tempat kerja. Mentor paling mengerti kondisi lapangan sehingga saat memberikan persetujuan pasti berharap RA tersebut bisa membawa pengaruh positif bagi instansi kantor maupun lembaga madrasah," begitu keterangannya saat menjadi penguji Seminar Rancangan Aktualisasi (RA) Pelatihan Dasar (latsar) CPNS Kemenag Tahun 2021 Angkatan XXXVII via zoom meeting di ruang kerjanya, Senin (11/10/2021).

 

Yamani menambahkan bahwa di era serba digital sekarang, CPNS dituntut memiliki keterampilan lebih. Seperti guru misalnya, diharapkan tidak hanya memiliki kemampuan mengajar di depan kelas yang baik, namun juga kemampuan menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran inovatif demi merangsang kemajuan proses pembelajaran di sekolah.

 

"Melalui seminar RA ini pula para CPNS diharapkan mengerti peran dan kedudukan mereka selaku ASN dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan masyarakat, dengan senantiasa menetapkan prinsip Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi atau ANEKA dalam seluruh aspek pekerjaan, baik sewaktu masih menjadi CPNS maupun nanti saat sudah dilantik menjadi ASN," tambahnya.

 

Saat menguji seminar RA kali ini, Yamani menemukan beberapa ide kreatif yang memang layak untuk segera diaplikan dan ada pula ide yang perlu ditambah sedikit perbaikan demi penyempurnaan RA yang telah disusun untuk memastikan habituasi yang dilakukan setelah ini benar-benar menghasilkan output yang diharapkan ada dalam proses penyelenggaraan Latsar.

 

"Semoga proses habituasi peserta berjalan lancar, dan semoga hasil kegiatan yang dilakukan berkontribusi tidak hanya terhadap pencapaian visi dan misi orgnasisasi, namun juga memberikan penguatan terhadap nilai-nilai Kementerian Agama," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments