Upacara Hari Santri, ASN Non-Muslim Ikut Berpartisipasi

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Ada yang unik dalam penyelenggaraan upacara bendera peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 di Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan. Bertugas sebagai salah satu pengibar bendera dalam upacara tersebut adalah CPNS Jepri Maruli Tua Lumban Gaol, yang notabene merupakan seorang non-muslim.

 

Kepala Kankemenag Kab. Balangan Drs. H. Muhammad Yamani, M.Pd.I mengapresiasi peranan karyawan non-muslim yang ikut berpartisipasi dalam pergelaran upacara bendera tidak hanya sebagai peserta, namun juga petugas upacara.

 

"Upacara hari ini berjalan lancar dan diikuti para pejabat baik sturktural maupun fungsional, kepala madrasah, pengawas, serta karyawan karyawati lingkup Kemenag Balangan. Turut berpartisipasi pula ASN kita Jepri yang notabene beragama kristen sebagai penggerek bendera, serta saudara Mandan, saudari Endang dan Hariani yang beragama Buddha ikut serta mengikuti peringatan hari santri dengan khusyu," ujarnya saat dimintai keterangan usai gelaran upacara bendera di halaman kantor Kemenag Balangan, Jumat (22/10/21).

 

Hal tersebut menurut Yamani merupakan wujud persatuan dan kesatuan serta bentuk penghargaan dan penghormatan kepada para santri atas jasanya dalam mempertahankan kemerdekaan, sekalipun datang daripara non-muslim.

 

"Dengan momen peringatan hari santri nasional tahun 2021 ini, mari kita bersama menjaga persatuan dalam kebhinekaan dengan melaksanakan moderasa beragama di tengah keberagaman bangsa Indonesia,"pesannya.

 

Sementara Jepri, mengaku bahwa ia bersedia menjadi petugas dalam upacara peringatan hari santri bukan saja karena ini merupakan tugas langsung dari pimpinan, namun selaku pegawai Kemenag hal tersebut adalah tanggung jawab yang harus dipenuhi serta sebagai upaya menjunjung persatuan di tengah kemajemukan.

 

"Ini juga bukan kali pertama saya memakai sarung, tapi penampilan lengkap seperti ini baru pertama kali, namun tidak masalah karena ini wujud toleransi. Pesan saya semoga santri Indonesia dimanapun berada tetap menjunjung tinggi persatuan dan menjadi pemuda yang berguna bagi indonesia," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments