Kasi PAKIS: Jaga Kerukunan dengan Tangkal 4R

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan  Drs. H. Syamsuri Arsyad, M.Fil.I  menyatakan bahwa kerukunan umat beragama di daerah bisa senantiasa terjaga apabila Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sebagai garda terdepan pengawal kerukunan bisa membentengi diri dengan sigap menangkal 4R.

 

"4R yang dimaksud adalah radikalisme, rasisme, SARA, dan berita hoaks. Keempat isu tersebut menjadi hal yang riskan mengantarkan perpecahan apabila tidak ditangani dengan bijaksana.  Padahal sebagaimana kita ketahui, bahwa kerukunan umat beragama itu dilandasi sikap saling toleransi, pengertian, menghormati, menghargai dan saling kerja sama dalam kehidupan," ujarnya saat menjadi narasumber dalam Pembinaan Kerukunan Umat Beragama yang digelar di Aula Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kab. Balangan, Rabu (24/11/21).

 

Dalam kegiatan yang mengambil tema Bersama Kita Tingkatkan Toleransi antar Umat Beragama tersebut, Syamsuri menyampaikan bahwa untuk menjaga kerukunan antar umat beragama, maka penting untuk menghindari perasaan saling curiga, tidak menyalahkan agama lain dan memberi kesempatan umat lain untuk beribadah, serta menghindari diskiriminasi.

 

"Usahakan untuk meminimalisir konflik dengan menonjolkan segi persamaan, melakukan kegiatan sosial yang melibatkan para pemeluk agama yang berbeda serta menghindari sikap egoisme agama masing-masing," imbuhnya.

 

Sementara Kepala Badan Kesbangpol Kab. Balangan Ir. H. Ansyarullah, MAP yang datang membuka acara meminta kepada para anggota FKUB, tokoh masyarakat dan alim ulama yang berhadir sebagai peserta untuk bisa menjaga dan merawat kebhineka tunggal ikaan yang sudah berjalan baik di Kab. Balangan.

 

"Terlebih kepada FKUB, yang memang dibentuk demi memelihara dan mengembangkan kerukunan umat beragama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Semoga tetap bisa bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mengawal toleransi beragama di banua kita," harapnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

 

 

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments