Ketua DWP Harap Maulid Jadi Ajang Pengingat Moderasi Beragama di Zaman Nabi

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Hj. Siti Faizah menyatakan bahwa perayaan hari besar Islam Maulid Nabi Muhammad SAW bisa menjadi ajang bagi para umatnya untuk mengingat kembali sejarah kehidupan Rasulullah, termasuk praktik moderasi dan kerukunan beragama di zaman tersebut.

 

"Melalui maulid nabi kita jadi mengingat kembali bahwa pada saat kelahiran Rasulullah, banyak keluarga beliau yang bersuka cita, terlepas dari kepercayaan yang dianut, dan ini merupakan salah satu bentuk toleransi dan moderasi agama tanpa mengenal batas yang sudah tertanam sejak 1400 tahun yang silam," ujarnya saat mengikuti zoom meeting acara Pertemuan Rutin DWP Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kal-Sel di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan, Jumat (29/10/21).

 

Faizah selanjutnya juga menambahkan bagaimana paman Rasul Abu Thalib yang mengasuh Nabi semenjak kecil, tetap menjadi orang yang begitu dihormati Nabi Muhammad meskipun bukan seorang muslim. "Apabila Nabi saja mengajarkan seperti itu, kita harusnya bisa mengukur sendiri bagaimana memberikan penghormatan kepada seseorang terlepas dari ajaran agama yang dianutnya selama orang tersebut tidak melakukan kejahatan dari segi moral maupun etika," tambahnya.

 

Pada acara yang mengambil tema Dengan Maulidur Rasul Kita Tingkatkan Ukhuwah DWP Dengan Mewujudkan Moderasi Beragama tersebut, Faizah selanjutnya mencontohkan bentuk moderasi yang timbul di waktu maulid adalah dengan menghormati kaum muslim yang melakukan perayaan maulid dalam bentuk pergelaran acara, serta juga menghormati kaum muslim lainnya yang memang tidak pernah menggelar perayaan besar pada waktu maulid karena perbedaan paham dan tradisi.

 

"Bunda bunda harus bisa menempatkan diri apabila dihadapkan dengan tradisi yang berbeda dalam perayaan maulid di suatu daerah. Terlepas dari perbedaan yang ada, kita semua yakin seluruh umat Islam bersuka cita dengan datangnya bulan maulid karena di bulan ini lah Rasulullah di utus ke dunia dan hadir untuk membimbing manusia dan kelelapan menuju cahaya Islam," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments