Kasi Penmad Tegaskan Pentingnya Sinergitas Guru Penerima TPG dan Operator Simpatika

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Rahmadi, S.Pd.I, MM menegaskan keterkaitan antara operator Simpatika dan guru bersertifikat sangatlah erat sehingga harus ada koordinasi dan sinergi yang baik antara kedua belah pihak.

 

"Akun Simpatika sebenarnya adalah akun yang bersifat pribadi, namun operator berperan menginput seluruh updating data dari guru yang bersangkutan melalui akun masing-masing sebelum Tunjangan Profesional Guru (TPG) bisa dilimpahkan," ujarnya saat memberi arahan dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program Simpatika dan TPG di Gedung Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kab. Balangan pada Selasa (7/12/21).

 

Sehingga menurut Rahmadi idealnya para guru harus bersinergi dengan operator, karena semua data terintegrasi pada simpatika yang nantinya berfungsi untuk proses aktivasi, serta dari sistem tersebut akan bisa terpantau apakah guru tersebut layak menerima tunjangan atau tidak.

 

"Dengan adanya kooperatif yang baik antara guru penerima TPG, operator dan juga pimpinan, maka hal-hal terkait keterlambatan tidak akan terjadi, dan hal lain yang bersifat administrasi bisa dikomunikasikan dengan bagian Penmad sehingga proses updating data selalu berjalan lancar," terangnya pada acara yang diikuti oleh perwakilan operator dan guru madrasah penerima TPG di lingkungan Kemenag Balangan tersebut.

 

Kasi Guru pada Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan Hj. Elisa Roosmawati, S.Pd.I, M.Pd.I yang berhadir sebagai narasumber pada acara menyatakan bahwa kegiatan dimaksudkan untuk memantau perkembangan dari penerima TPG serta mengevaluasi sejauh mana penyaluran serta distribusi dana tersebut, apakah sudah tepat sasaran, tepat jumlah, dan sesuai dengan maksud dana demi kesejahteraan para guru.

 

"Evaluasi terutama dilakukan untuk tunjangan yang diberikan pada guru yang berstatus non-PNS, karena pada tahun 2021, penyaluran dana TPG Non-PNS anggarannya berada di Kanwil Kemenag Kalsel bagian Penmad," ujarnya.

 

Dari evaluasi didapati bahwa untuk di Kab. Balangan terkait pendataan serta updating data sudah teradministrasi dengan baik dan terdistribusis secara seimbang.

 

"Alhamdulillah, untuk Balangan, sebelum deadline berkas TPG sudah terkumpul semua. Karenanya saya menghimbau agar kerjasama antara operator dan guru madrasah terus digalakkan, agar data terpantau dan tidak terjadi keterlambatan serta dana bisa disalurkan tepat sasaran," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments