Sejumlah ASN Terdampak Banjir, Ka.Kankemenag Berikan Dispensasi

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Sejumlah wilayah di Kab. Balangan terdampak banjir yang tidak hanya mengakibatkan sejumlah instansi terendam banjir, namun juga rumah para Aparatur Sipil Negara (ASN).  Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I yang turut prihatin atas musibah tersebut memberikan dispensasi bagi ASN terpapar banjir melalui ucul cuti alasan penting.

 

"Menyikapi bencana banjir yang melanda sebagian besar wilayah Kab. Balangan yang tentunya berakibat pada kinerja dan aktivitas ASN Kemenag Balangan yang tinggal di wilayah terdampak bencana tersebut dan mengakibatkan mempersulit mobilitas untuk masuk dan bekerja di kantor seperti hari normal, maka diperbolehkan bagi ASN terdampak untuk mengusul cuti  alasan penting," ujarnya saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Selasa (30/11/21).

 

Saribuddin menyampaikan pengajuan cuti tersebut berdasar dari Peraturan Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemberian Cuti Pegawai Negeri Sipil.  "Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa dalam hal ASN mengalami musibah kebakaran rumah atau bencana nalam, dapat diberikan cuti karena alasan penting dengan melampirkan surat keterangan paling rendah dari Ketua RT," jelasnya.

 

Untuk absensi karyawan yang tinggal di wilayah terdampak bencana yang diyakinkan tidak bisa berangkat bekerja ke kantor seperti biasa pada hari normal dikecualikan. "Sementara kelengkapan berkas yang disiapkan selain surat keterangan dari ketua RT, ASN bersangkutan harus mengajukan permohonan cuti alasan penting kepada Ka.Kankemenag melalui urusan kepegawaian yang ditandatangani sendiri dan juga atasan langsung paling lambat satu minggu setelah bencana berakhir," tambahnya.

 

Saribuddin lebih lanjut menyampaikan ucapan bela sungkawa terhadap sejumlah ASN yang terdampak banjir. "Semoga banjir tidak berlangsung lama sehingga tidak banyak kerugian material yang dialami, dan mudahan ASN kita semua ditabahkan,"pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments