Awal Semester, Pengawas Diminta Susun Program Kepengawasan

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Koordinator Pengawas (Korwas) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan H. Ilham, S.Pd.I meminta para pengawas untuk segera merampungkan program semester genap pengawas masing-masing mengingat awal semester genap tahun 2022 baru dimulai.

 

Saat memberikan arahan para rapat bulanan Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Kankemenag Balangan, H. Ilham menjelaskan pentingnya penyusunan program pengawasan karena melalui program ini kegiatan pengawas dalam program pembinaan guru dan kepala madrasah (kamad), program penilaian kinerja guru dan kamad, serta program pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan kamad dapat terukur dan terpantau.

 

"Karena memang sudah menjadi kewajiabn pengawas untuk menyusun program pengawasan, melaksanakan program pengawasan, melaksanakan evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan, serta membimbing dan melatih profesional guru," ujarnya para Jum'at (7/1/22).

 

Dalam penyusunan program pengawasan tambah Ilham, pengawas berkewajiban memberikan penjelasan terkait tujuan dan sasaran pengawasan, siapa yang terlibat, kapan dan dimana pengawasan dilakukan, serta mengapa dan bagaimana pengawasan diaplikasikan.

 

"Diharapkan juga program pengawasan itu berisi program yang spesifik, dapat diukur ketercapaiannya, sesuai dengan kondisi madrasah binaan, tidak mengada-ada, jelas waktu pelaksanaannya, dapat dinilai secara objektif, dan dapat ditinjau ulang sesuai dengan kebutuhan berbagai kondisi di madrasah," pungkasnya.

 

Pengawas Rabiah Hasanah, S.Pd.I selanjutnya menambahkan bahwa program kepengawasan nantinya tidak bisa hanya ditandatangani oleh korwas namun juga harus Kepala Kantor Kemenag secara langsung. "Hal ini sesuai dengan petunjukk yang tertuang dalam buku kerja pengawas tahun 2017," tutupnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

1 Comments