Ka.Kankemenag Dorong Guru Madrasah Ikuti Rekrutmen Penulis Soal AKMI

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin mendorong para guru madrasah negeri atau swasta dan pengawas madrasah untuk mengikuti rekrutmen penulis soal Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2022.

 

"Kemenag RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) menyelenggarakan program AKMI untuk madrasah. Terkait perencanaan program tersebut, diperlukan penulis instrumen tangguh dan berpengalaman yang terdiri atas guru dan pengawas madrasah, sehingga diselenggarakanlah rekrutmen penulis soal AKMI," ujar Saribuddin saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Selasa (11/1/22).

 

Saribuddin menjelaskan bahwa proses seleksi ini diselenggarakan dalam rangka mendukung implementasi kegiatan Komponen II Realizing Education's Promise-Madrasah Education Quality Reform (REP-MERQ) yang bersumber dari Pinjaman Luar Negeri, Project Manajemen Unit Unit REP-MEQR Dirjen Pendis Kemenag Republik Indonesia. Pengembangan dan penulisan instrumen AKMI Tahun 2022 meliputi Literasi Membaca, Numerasi, Literasi Sains, dan Literasi Sosial Budaya untuk jenjang Madrasah Ibtidayah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

 

"Guru yang ikut diutamakan memiliki kompetensi sesuai jenjang dan latar belakang pendidikan. Literasi membaca diutamakan guru Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, literasi numerasi guru Matematika dan IPA, literasi sains guru IPA, Biologi, Fisika dan Kimia, dan Literasi Sosial Budaya guru IPS, PKn, Keagamaan dan Bimbingan Konseling," rincinya.

 

Saribuddin menyatakan siap memberikan surat rekomendasi kepada guru atau pengawas yang ingin mengajukan lamaran mengikuti rekrutmen penulis soal AKMI.

 

"Tahap 1 seleksi administrasi dan kesesuaian jenjang dan latar belakang pendidikan dan keahlian sudah dibuka mulai tanggal 7 s.d 28 Januari 2022. Jangan ragu untuk ikut, jangan ragu untuk belajar hal baru," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments