Kemenag Balangan Salurkan Bantuan BAZNAS Bagi Siswa Kurang Mampu

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyalurkan bantuan bea siswa kepada sejumlah siswa kurang mampu di madrasah lingkup Kemenag Balangan, Senin (10/1/22).

 

Bantuan tersebut bersumber dari dana Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kab. Balangan yang sebelumnya telah diserahkan secara simbolis oleh Bupati Balangan H. Abdul Hadi pada upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-76 Kementerian Agama.

 

Saribuddin menyampaikan bahwa ada 100 orang siswa yang memperoleh bantuan terdiri dari tingkatan Raudathul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA)  di bawah naungan Kemenag Balangan baik negeri maupun swasta.

 

“Bantuan ini merupakan wujud kepedulian BAZNAS meringankan beban orang tua yang kurang mampu untuk biaya sekolah anaknya di Madrasah. Selain itu, pelajar itu termasuk orang yang sedang menuntut ilmu, artinya termasuk dari bagian orang yang berhak menerima zakat,” ujarnya saat menyerahkan bantuan di MTsN 1 Balangan.

 

Sementara Penyelenggara Zakat Wakaf (Penzawa) Kantor Kemenag Balangan H. Syaipullah, S.Ag., M.H   yang turut hadir dalam penyerahan bantuan merincikan bahwa bantuan untuk siswa MI dan RA sebesar seratus ribu rupiah dan untuk tingkatan MTs dan MA sebesar seratus lima puluh ribu rupiah tiap siswa.

 

"Siswa tingkat RA dan MI yang mendapat bantuan sebanyak 50 orang, dan siswa tingkat MTs dan tingkat Aliyah sebanyak 50 orang." pungkasnya.

 

Berhadir pula dalam penyerahan tersebut Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kemenag Balangan Harmainor, S.Pd.I, MM, pengawas madrasah dan staf Penyelenggara Zakat Wakaf.

 

Adapun lokasi penyerahan terdiri dari enam titik kumpul yaitu MTsN 2 Balangan untuk madrasah di Kec. Batu Mandi, MIN 6 Balangan untuk wilayah Kec. Lampihong, MTsN 1 Balangan untuk Kec. Paringin dan Paringin Selatan, MTsN 3 Balangan untuk Kec. Awayan dan Kec. Tebing Tinggi, MI Sirajuddin Muara Ninian untuk Kec. Juai serta di MIN 3 Balangan untuk Kec. Halong.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments