KKRA, Pengawas Sosialisasikan Menghafal Hadits dengan Metode Gerakan

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Pengawas Raudathul Athfal (RA) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Noor Hamidah mensosialisakan metode menghafal hadits pendek dengan gerakan kepala sejumlah Kepala RA dalam Rapat Kelompok Kerja Raudhatul Athfal (KKRA) yang di gelar di RA Al Hasaniyah Layap, Rabu (7/1/22).

 

Hamidah menyatakan bahwa inovasi ini merupakan salah satu metode baru dalam penghafalan hadits yang diharapkan bisa membuat anak bersemangat dan mudah menghafal hadits pendek sesuai dengan tahapan perkembangan anak.

 

"Sebelumnya ada dua orang Kepala RA kita yang mengikuti rapat Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Provinsi Kalimantan Selatan dan membawa  ilmu berupa buku panduan gerakan menghafal hadits pendek. Sekarang dalam rapat ini kita bersama-sama mempelajari panduannya dengan harapan saat Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dimulai Senin depan sudah bisa diterapkan," ujarnya saat dimintai keterangan.

 

Menurut Hamidah penggunaan metode ini sangat cocok dengan prinsip pembelajaran RA yaitu belajar sambil bermain dan belajar seraya bermain.

 

"Terlebih menghafal hadist adalah yang disunahkan, tentu akan sangat bermanfaat apabila anak bisa menghafal hadits saat masih anak-anak dimana ini memang tahapan yang tepat untuk dibekali ilmu yang bermanfaat, namun diajarkan tetap dengan cara yang menyenangkan dan tidak membebani anak," tambahnya.

 

Hamidah berharap dengan metode gerakan para siswa tidak merasa terbebani dengan hafalan, mudah diingat, dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments