Percepatan Vaksin Anak, Ka.Kankemenag Tekankan Pentingnya Pemahaman Orang Tua Siswa

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menekankan bahwa dalam percepatan vaksinasi Covid-19 bagi anak 6-11 tahun, pemahaman kepada orang tua siswa tentang informasi vaksin yang benar sangat dibutuhkan.

 

"Maish banyak anak didik kita yang tidak divaksin disebabkan orang tuanya yang mendengarkan informasi hoaks terkait vaksin yang menimbulkan ketakutan berlebihan dan menyebabkan mereka tidak setuju apabila anaknya ikut divaksin," ujar Saribuddin saat dimintai keterangan usai mengikuti Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi Covid-19 Bagi Anak Usia 6-11 Tahun di Kab. Balangan di Aula Benteng Tundakan, Senin (17/1/22).

 

Saribuddin menambahkan bahwa pada dasarnya anak hanya mengikut kata orang tua dan bukan hal yang aneh bila mereka belum memahami benar pentingnya bervaksin. Karenanya dalam percepatan vaksin, pendekatan kepada orang tua menjadi hal krusial untuk mengedukasi bahwa vaksin yang diberikan tidaklah berbahaya namun justru berguna untuk membangun imun anak.

 

"Disini para guru bisa berkerjasama dengan tenaga medis yang lebih paham terkait Covid-19 beserta vaksinasinya untuk memberikan sosialisasi kepada orang tua, didampingi petugas dari kepolisian beserta aparat desan kecamatan, agar orang tua tidak lagi termakan isu dan berita simpang siur yang malah akan melemahkan niat untuk memvaksin anaknya," tambahnya.

 

Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Rahmadi, S.Pd.i, MM yang ikut berhadir dalam rapat selanjutnya menyatakan akan ada kebijakan bagi siswa yang belum vaksin yaitu tidak bisa diikutkan pembelajaran tatap muka dan hanya disarankan untuk menggunakan pembelajaran tatap muka. Keputusan ini diambil atas kesepakatan bersama Kemenag dan pemerintah Kaerah Kab. Balangan bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Balangan dan dinas terkait lainnya.

 

"Kami berharap dengan adanya kebijakan tersebut maka angka vaksinasi anak bisa meningkat. Di saat PTM sudah bisa kembali digelar tentu tidak ingin anak kita tertinggal dan masih mengikuti pembelajaran dengan cara daring. Jadi mari para orang tua, ayo vaksin anak-anak kita," tutupnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments