Vaksinasi 6-12 Tahun, Ka.Kankemenag: Ciptakan Kondisi Kekeluargaan yang Buat Anak Nyaman

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin meminta agar dalam kegiatan Vaksinasi Covid-19 bagi Anak usia 6-12 Tahun, kepala madrasah bersama pihak terkait harus bisa menggunakan pendekatan kekeluargaan serta menciptakan kondisi dimana anak merasa nyaman agar tidak timbul ketakutan dalam diri siswa saat akan divaksin.

 

"Anak-anak sudah sejak dulu memang sering takut apabila didengar akan ada kegiatan penyuntikan di sekolah seperti imunisasi dan juga vaksinasi kali ini. Itu adalah reaksi yang wajar namun diharapkan kepala bersama guru dan tim terkait bisa meminimalisir hal tersebut dengan cara kekeluargaan dan tanpa unsur paksaan agar kegiatan vaksinasi berjalan lancar," ujarnya saat memberikan arahan dalam Rapat Persiapan Vaksinasi Covid-19 Usia 6-12 Tahun di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan, Jum'at (7/1/22).

 

Saribuddin selanjutnya menyarankan beberapa metode yang sekiranya bisa membuat anak-anak lebih rileks seperti menampilkan spanduk lucu tentang ajakan vaksin kepada anak, menghadirkan atraksi badut, serta pemberian hadiah doorprize bagi anak yang sudah bervaksin.

 

"Tenaga Kesehatan dan Pengaman seperti TNI dan Polri juga baiknya tidak mengenakan seragam yang membuat nyali ciut. Masukan dari guru agar polisi tidak membawa mobil polisi juga patut dipertimbangkan agar anak tidak kabur duluan saat melihat ada mobil polisi yang datang," tambahnya.

 

Dalam rapat yang dihadiri oleh kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri dan Swasta di Kab. Balangan tersebut selanjutnya beberapa Kepala MI melaporkan kesiapan madrasah terkait vaksinasi Covid bagi anak serta data siswa yang bersedia divaksin kepada Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Rahmadi, S.Pd.I, MM yang juga berhadir.

 

"Insya Allah kegiatan vaksin akan kita mulai Senin depan mulai dari MIN 1 Balangan, terus bertahap ke MI-MI lainnya," tutup Rahmadi.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments