Upaya Cegah Penyebaran Omicron, Ka.Kankemenag Pinta ASN Lakukan Penyesuaian Sistem Kerja

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Sebagai upaya mencegah dan mengendalikan penyebaran Covid-19, terutama varian Omicron, Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I meminta kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag untuk melakukan penyesuaian sistem kerja.

 

"Penyesuaian sistem kerja tersebut mengacu pada Surat Edaran Sekjen Kemenag (SE) No SE 2 Tahun 2022 tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN Kemenag agar pelaksanaan tugas, fungsi dan layanan publik pada Kemenag dapat berjalan secara efektif dan efisien, namun tetap memperhatikan upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19," ujarnya saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Senin (31/1/22).

 

Saribuddin menyampaikan bahwa salah satu poin utama dalam SE tersebut adalah pegawai yang berusia lebih dari 55 tahun agar melakukan tugas kedinasan dari rumah atau WFH, terkecuali untuk pemimpin unit eselon I, Staf Ahli, Staf Khusus,dan unit eselon II, Rektor dan Ketua Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, Kepala Kankemenag Kab/Kota dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) tetap berdinas masuk kantor dengan aktivitas kegiatan sebagaimana biasa.

 

"Pegawai yang menggunakan transportasi umum, jarak tempat tinggal jauh, atau keterbatasan lain juga dapat melaksanakan WFH dengan tetap memperhatikan tugas dan fungsi masing-masing satuan kerja dan keterwakilan pegawai dis etiap unit kerja," tambahnya.

 

Kemudian menurut Saribuddin, dalam SE juga disebutkan pemimpin atau kepala kantor diharap tidak memerintahkan pegawai untuk lembur jika tidak terdapat keadaan mendesak, dan bagi pegawai yang sakit dianjurkan tidak masuk kantor dan harus melaporkan kepada atasan. "Dan kalau memang sakit atau WFH, tidak diizinkan untuk meninggalkan rumah," ujarnya.

 

Selanjutnya Saribuddin menyampaikan bahwa kondisi di Kab. Balangan sejauh ini masih berada pada situasi kondusif, dan diharapkan tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron sebagaimana yang ramai diberitakan di luar negeri dan beberapa kota besar di Indonesia.

 

"Mudah-mudahan Balangan dihindarkan dari penyakit agar kita bisa tetap bisa lancar beraktivitas, baik itu dalam perihal mencari nafkah maupun ibadah," tutupnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments