Jadi Bunda RA, Ketua DWP Pinta Guru Tanamkan Moderasi ke Anak Didik

 



Pelaihari (Kemenag Balangan) - Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupupaten Balangan Hj. Siti Aminah Saribuddin meminta kepada para guru Raudathul Athfal (RA) untuk menanamkan sikap dan nilai moderasi beragama kepada anak didik dan menjadikan RA sebagai tempat awal mengenalkan moderasi beragama pada anak-anak.

 

"Sebenarnya moderasi beragama sudah lama kita ajarkan, hanya saja dulu bernama toleransi. Dan nilai ini harus terus kita tanamkan kepada diri anak-anak kita sebagai upaya pendalaman pendidikan karakter," ujarnya dimintai keterangan usai dinobatkan sebagai Bunda Raudathul Athfal Balangan oleh Penasehat DWP Kemenag RI Hj. Eny Yaqut Cholil Qoumas pada Acara Silaturahmi dan Talkshow Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi beragama di Raudathul Athfal bertempat di gedung PTT Ainun Habibie MAN Insan Cendekia Tanah Laut, Kamis (31/3/22).
 

Aminah selanjutnya menyatakan bahwa mengingat para guru RA berhadapan dengan anak usia dini, maka guru harus bisa menyampaikan pesan moderasi dalam bahasa yang bisa dipahami anak-anak .  “Sejatinya pendidikan RA itu adalah bagaimana menciptakan suasana kelas menjadi menyenangkan. Jadi, konten-konten pembelajaran harus disenangi dan disukai oleh peserta didik dan tidak perlu menyampaikan tentang moderasi beragama terlalu teoritis apalagi menghapal definisi-definisi,” sambungnya. 

 

Sementara Penasehat DWP Kemenag RI Hj. Eny Yaqut Cholil  memaparkan bahwa siswa-siswi RA di mana pun berada wajib ditanamkan rasa cinta kepada agama tanpa harus menyelipkan kebencian terhadap hal lain yang berbeda pandangan.

 

“Anak-anak ini masih bersih, berikan pemahaman bahwa Islam adalah agama yang baik, yang sejuk dan menyejukkan, agama yang rahmatan lil ‘alamin. Tugas guru RA berat mengingat tidak sedikit media sosial yang menyiarkan banyak ujaran kebencian yang setiap saat bisa saja dibaca oleh siswa-siswi kita. Mari kita tanamkan cinta sesama kepada anak-anak kita seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW," ungkapnya.

 

Selain dihadiri Penasehat DWP Kemenag RI, acara Silaturahmi dan Talkshow juga dihadiri langsung oleh Ketua DWP Kanwil Kemenag Kalsel Hj. Lita Ariani Tambrin dan 13 Ketua DWP Kemenag Kabupaten/Kota se-Kalsel beserta dengan para pengurusnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments