Kasi Penmad: Isi EDM Dengan Jujur Demi Perbaikan Mutu Madrasah

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Rahmadi, S.Pd.I, MM meminta kepada madrasah dalam proses penyusunan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) agar dilakukan dengan penuh kesadaran dan kejujuran demi tujuan untuk perbaikan mutu pendidikan di madrasah itu sendiri.

 

"Penyusunan EDM sejatinya adalah bentuk evaluasi diri. Saya harap madrasah bersedia membuka diri atas kekurangan yang masih ada di madrasah karena itu adalah kunci sebenarnya manfaat penyusunan EDM," ujarnya memberikan arahan dalam acara sosialisasi Penerapan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan penginputan Electronic Rencana Kerja Anggaran Madrasah (eRKAM) di Aula As Syura Kantor Kemenag Balangan, Rabu (06/04/22).

 

Rahmadi menjelaskan bahwa manfaat penyusunan EDM diantaranya adalah untuk mengetahui tingkat pencapaian kinerja madrasah, mengetahui kekuatan, kelemahan dan tantangan yang dimilikinya madrasah, peluang untuk memperbaiki mutu pendidikan,  menilai keberhasilan  dan melakukan penyesuaian program-program yang ada, mengetahui jenis kebutuhan yang diperlukan untuk perbaikan mutu, serta dapat mengidentifikasi program/kegiatan prioritas bagi peningkatan kinerja madrasah.

 

"EDM nantinya juga akan menjadi bahan penyusunan e-RKAM sehingga membuka peluang pengelolaan dana BOS dan dana-dana lainnya secara transparan dan akuntabel yang dapat dipantau secara berjenjang di e-RKAM tersebut," ujarnya.

 

Sementara Mukhtar selaku Distict Coordinating Unit (DCU) Kab. Balangan mengatakan bahwa proses sosialisasi EDM dan e-RKAM bagi operator madrasah telah berlangsung beberapa kali dan berkesinambungan.

 

"Kami berikan terus pendampingan agar semua madrasah bisa mengerti bagaimana cara mengisi EDM dan e-RKAM dengan benar, dan diharapkan selanjutnya ilmu tersebut ditularkan kepada teman-teman lain  yang belum sempat bergabung dalam kegiatan ini," tutupnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments