Optimisme Haji, Kasi PHU: CJH Balangan Siapkan Diri Sejak Dua Tahun Lalu

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. M. Fahmi Wahid, M.MPd menyatakan sikap optimis akan keberangkatan jemaah haji tahun 2022 dan Calon Jemaah Haji (CJH) Kab. Balangan juga telah mempersiapkan diri bahkan semenjak dua tahun yang lalu.

 

"Jemaah kita telah mendapatkan vaksinasi sesuai dengan apa yang dipersyaratkan untuk berangkat haji, termasuk vaksinasi Covid-19 sudah dari tahun lalu. Paspor 178 calon jemaah haji Kab. Balangan juga telah kami kumpulkan pada tahun ini setelah di tahun sebelumnya sempat dikembalikan karena pembatalan keberangkatan," ujar Fahmi saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Kamis (07/04/22).

 

Fahmi menjelaskan meskipun saat ini kepastian ada atau tidaknya ibadah Haji pada 2022 belum dapat diperoleh, jika dilihat dari perkembangannya ada kemungkinan pemerintah Arab Saudi akan menyelenggarakan ibadah Haji walaupun dengan kuota terbatas.

 

"Indikasinya adalah dicabutnya aturan protokol kesehatan, ketentuan social distancing di masjid dengan syaratkan masker di lokasi aktivitas, tidak disyaratkan penggunaan masker di kondisi terbuka, serta tidak disyaratkan hasil tes PCR dan pelaksanaan karantina," jelasnya.

 

Tanda optimisme lainnya menurut Fahmi adalah dengan dilangsungkannya ibadah umrah yang tahun lalu diselenggarakan secara terbatas, tetapi tahun ini ada pelonggaran dan sudah dibuka dengan lebar.

 

"Dari tanda-tanda dan indikasi tersebut Kemenag telah melakukan langkah-langkah persiapan. Selanjutnya kami mintakan kepada para jemaah untuk terus bersabar, ikhlas dan banyak berdoa menunggu dari pemerintah. Semoga penyelenggaraan haji bisa terlaksana tahun ini dan Indonesia termasuk yang mendapatkan kuota," harapnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments