Pengawas: Pesantren Ramadhan Pupuk Rohani Peserta Didik

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kab. Balangan Zainal Abidin, S.Pd.I menyatakan bahwa kegiatan pesantren Ramadhan merupakan salah satu kegiatan positif bagi siswa untuk memupuk jiwa rohani para peserta didik.

 

"Dalam pesantren ramadhan, siswa diberi banyak materi-materi keislaman seperti ilmu aqidah akhlak dan fiqih,

membaca dan menghafal surat-surat Al Qur’an serta doa-doa pendek. Hal tersebut diharapkan bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa," ujarnya saat memonitoring kegiatan Pesantren Ramadhan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Balangan Kec. Juai, Selasa (12/04/22).

 

Selain itu menurut Zainal, kegiatan pesantren Ramadhan bisa membantu orang tua dalam mendidik anaknya membentuk karakter yang islami, menjadikan anak-anaknya menjadi anak yang shalih dan shalihah yang senantiasa mendoakan orang tua mereka.

 

"Sementara bagi guru, kegiatan pesantren Ramadhan maka akan menjadi suatu ibadah dalam bentu kerja sosial  yang Insya Allah akan mendapatkan balasan pahala dari Allah SWT jika dilandasi dengan penuh keikhlasan," tambahnya.

 

Zainal berharap para peserta didik bisa mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan dari awal sampai akhir dengan sebaik-baiknya. "Mudah-mudahan melalui kegiatan pesantren Ramadhan dapat membina akhlakul karimah diantara para peserta didik untuk membentengi akhlak dan moralnya agar tidak terpengaruh pada budaya global yang negatif," pungkasnya.

 

Selain para guru, hadir pula para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin memberikan bimbingan keagamaan kepada para peserta didik.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

Related Posts

Post a Comment

0 Comments