Jelang Keberangkatan Haji, Ka.Kankemenag Sampaikan Tiga Pesan

 

Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyampaikan tiga pesan penting saat memberikan arahan kepada Calon Jemaah Haji (CJH) Kab. Balangan dalam acara Sosialisasi Penyampaian Informasi Keberangkatan Haji Tahun 1443 H di Gedung Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kab. Balangan, Kamis (12/05/22).

 

Pertama Saribuddin mempersilahkan jemaah untuk melaksanakan manasik haji secara mandiri karena dari pemerintah akan mengadakan manasik haji hanya sebanyak 4 kali.

 

"Apabila dirasa masih kurang, Bapak Ibu bisa menunjuk Perwakilan Ketua yang nantinya akan memimpin tidak hanya terkait manasik haji, namun juga hal-hal lainnya. Jangan lupa pelajari juga buku manasik haji untuk memperlancar bacaan dan doa," ujarnya.

 

Yang kedua Saribuddin berpesan kepada CJH akan memperbanyak olahraga, terutama jalan kaki di pagi maupun di sore hari untuk melatih kaki agar lebih kuat saat menempuh ibadah yang mana memang banyak berhubungan dengan kegiatan berjalan seperti tawaf dan sa'i.

 

"Banyak-banyak juga untuk berdoa sewaktu shalat, terutama dalam sujud terakhir agar diberi kemudahan dan kekuatan dalam pelaksanaan haji nantinya," tambahnya.

 

Yang ketiga Saribuddin meminta CJH untuk menjaga kesehatan. "Bila perlu periksa kondisi badan ke rumah sakit semenjak dini. Apabila dirasa ada masalah kesehatan seperti darah tinggi dan semacamnya, mintakan obat agar kondisi sudah benar-benar fit saat masa keberangkatan tiba," ungkapnya.

 

Sementara Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Drs. H. M. Fahmi Wahid, M.M.Pd.meminta kepada CJH Balangan selaku perwakilan daerah Balangan agar selalu kompak dan sama-sama membantu dalam pelaksanaan ibadah haji nantinya.

 

"Berapapun jumlah yang berangkat, sebanyak itu pula jumlah yang kembali pulang. Tahun ini, mudahan menjadi momentum haji akbar, agar keberangkatan haji tahun ini  memberikan arti penting penantian masa tunggu selama dua tahun karena pandemi," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments