Bimtek Penceramah, Ka.Kankemenag: Dakwah Perkuat Pembangunan Agama

 



Banjarmasin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyatakan bahwa penyampaian dakwah ke masyarakat akan memberikan hasil yang baik dalam pembangunan agama negara apabila seorang penceramah memiliki kompetensi yang mumpuni, baik di bidang keagamaan maupun kebangsaan.

 

"Penceramah dan penyuluh agama sebagai mitra pemerintah memalui Kemenag harus mampu memposisikan diri tanpa memihak golongan manapun, serta mampu menjadi agen moderasi beragama dan memiliki wawasan kebangsaan yang baik," ujarnya dimintai keterangan usai mengikuti  Pembukaan Bimtek Penguatan Kompetensi Penceramah Agama Islam tahun 2022 di Lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan Angkatan I bersama Kapolda Kalsel di Aula Mahakam Arya Barito Banjarmasin, Rabu (08/06/22).

 

Menurut Saribuddin, penceramah dan penyuluh agama juga harus mampu memberikan pesan dan edukasi yang menyejukkan dan mampu memberikan pelayanan keagamaan kepada masyarakat tanpa memandang golongan maupun status. Karenanya seorang penceramah harus senantiasa meningkatkan kompetensi dalam berdakwah, baik dari aspek materi, metodologi, maupun wawasan kebangsaan.

 

"Dalam bimtek ini nantinya para peserta mendapat sejumlah materi terkait wawasan kebangsaan, ketahanan nasional, serta relasi agama, negara dan budaya serta materi lainnya berkenaan dengan isu aktual keagamaan, literasi media digital, penanggulangan terorisme, hingga strategi dakwah kepada generasi milenial. Ikuti bimtek dengan seksama agar da'i kita siap memberi ceramah di mana saja, dengan materi dakwah yang menguatkan kehidupan keagamaan yang rukun, toleran, dan damai di tanah air," harapnya.

 

Kemenag Balangan mengirim satu orang penyuluh agama Non PNS untuk mengikuti bimtek tersebut. Selain Ka.Kankemenag Balangan, hadir pula dalam acara pembukaan tersebut Kepala Kanwil Kemenag Prov. Kalsel Dr. H. Muhammad Tambrin M.M.Pd dan Kapolda Kalsel Irjen. Pol. Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments