Ka.Kankemenag Himbau ASN Salurkan Zakat Penghasilan Melalui BAZNAS

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menghimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menyalurkan zakat  2,5% dari penghasilan / gaji kotor setiap bulannya  ke Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kab. Balangan.

 

"Program ini sudah kami canangkan sejak dulu bekerja sama dengan BAZNAS daerah dalam rangka optimalisasi zakat, infaq dan shadaqah dari semua ASN Kemenag. Kami harap para ASN siap berpartisipasi," ujarnya memberikan arahan saat memimpin Rapat Koordinasi di Lingkungan Kantor Kemenag Balangan bertempat di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan, Kamis (16/06/22).

 

Dalam rapat yang dihadiri Kepala Sub Bagian Tata usaha (Ka.Subbag TU), para Kepala Seksi (Kasi) dan penyelenggara,  para Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) dan Madarsah Aliyah Negeri (MAN) se-Kab. Balangan beserta para Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan se-Kab. Balangan tersebut, Saribuddin menyampaikan pentingnya pengeluaran zakat bagi ASN sebagai bentuk syukur serta pembersih diri dan hati dari harta yang dimiliki.

 

"Selain zakat 2,5%, kami juga menghimbau ASN untuk menyetorkan infaq kepada yatim sesuai golongan yang dijabat. Tidak banyak kok, Gol II 10 ribu, Gol. III 15 ribu dan Gol. IV 20 ribu," tambahnya.

 

Selebihnya Saribuddin juga meminta ASN khususnya yang berada di madrasah untuk mendata mustahiq, baik itu dari kalangan siswa maupun masyarakat yang dinyatakan berhak untuk menerima zakat agar diusulkan ke BAZNAS Kab. Balangan.

 

"Jadi zakat dan infaq yang kita kumpulkan nantinya akan kembali ke masyarakat juga. Silahkan isi formular sesuai dengan kata hati nurani. Tidak ada unsur paksaan dalam pelaksanaannya. Insya Allah selama ikhlas, biarkan Allah yang membalas," tutupnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments