Ketua DWP Kemenag Balangan: Dampingi Anak dalam Akses Teknologi Digital

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Hj. Siti Aminah Saribuddin meminta kepada para orang tua, khususnya bunda, untuk mendampingi anak dalam proses akses teknologi digital, baik itu televisi, kompter maupun perangkat android.

 

"Orang tua harus pandai memahami kapan saat yang tepat anak bersentuhan dengan teknologi, dan kapan saatnya tidak. Ada masa ketika dalam tumbuh kembangnya anak lebih ditekankan melakukan komunikasi dua arah, maka jangan dulu ajarkan teknologi kepadanya," ujarnya saat memberikan sambutan pada Kegiatan Webinar DWP Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan dengan Tema "Dampak Teknologi Terhadap Tumbuh Kembang Anak" di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan, Selasa (21/06/22).

 

Dalam acara dimana Kemenag Balangan diberi kehormatan sebagai tuan rumah tersebut, Aminah menjelaskan bahwa tema acara diambil mengingat tanggal 1 Juni merupakan peringatan Hari Perlindungan Anak Sedunia.  Sehingga yang dipilih sebagai narasumber yaitu  Hardiyanti Rahmah, S.Psi,M.Psi juga merupakan seorang Praktisi psikolog yang tentunya sudah memahami betul tentang dampak teknologi terhadap anak serta bagaimana cara menanganinya.

 

"Kami ucapkan terima kasih kepada Ketua DWP Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Prov. Kalsel atas kepercayaan yang diamanahkan serta terima kasih kepada seluruh tim yang mendukung terlaksananya kegiatan tersebut. Akan ada banyak ilmu yang diberikan dalam bahasan hari ini tentang bagaimana menagsuh anak di tengah zaman yang tidak luput dari pengaruh teknologi, semoga bermanfaat," harapnya.

 

Sementara Ketua DWP Kemenag Kanwil Kemenag Kalsel Hj. Siti Ariani Tambrin yang menyampaikan sambutan via zoom menyatakan bahwa perkembangan teknologi sekarang semakin pesat dan menjadikan semuanya serba digital, sehingga secara langsung maupun tidak langsung perkembangan teknologi dapat mempengaruhi terhadap gaya hidup. 

 

“Memang zaman sekarang kita benar-benar harus ekstra memperhatikan perkembangan anak kita, pergaulan dia, adanya perkembangan dunia digital tidak hanya memberi kemudahan namun juga berdampak buruk kepada anak, dan tugas kita sebagai orang tua untuk lebih memonitor itu semua, itu tantangan kita,” pungkasnya.

 

Webinar kali ini di hadiri oleh Ketua DWP Kanwil Kemenag Prov.Kalsel beserta anggota dan Ketua DWP Kemenag Kab/Kota beserta anggota baik secara daring maupun luring, dan Narasumber Hardiyanti Rahmah, S.Psi,M.Psi , juga penasehat DWP Kab.Balangan Dr.H.Saribuddin,M.Pd.I. Selain via zoom, webinar juga disiarkan secara langsung di akun Youtube DWP Kanwil Kemenag Kalsel.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments