Monev Anggaran, Ka.Kankemenag: Tingkatkan Nilai IKPA

 



Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I meminta kepada satker Pendidikan Madrasah (Penmad) untuk meningkatkan capaian nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) di laporan keuangan, setidaknya bisa mempertahankan.

 

"Dari pagu sekitar 17 milyar, dalam triwulan II ini realisasinya sudah lebih dari 50%. Kita upayakan agar di semester berikutnya bisa lebih baik lagi," ujarnya saat dimintai keterangan usai mengikuti acara Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Triwulan II Tahun 2022 di Aula Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjung, Jum'at (10/06/22).

 

Saribuddin menyatakan bahwa peningkatan nilai IKPA bisa diperoleh melalui perbaikan perencanaan, percepatan pelaksanaan program, percepatan pelaksanaan pengadaan barang/jasa, peningkatan kualitas belanja melalui peningkatan efisiensi dan efektifias belanja, serta peningkatan monitoring dan evaluasi serta pengawasan internal.

 

"Realisasi program dan anggaran selama Triwulan II dapat membantu kita untuk mengetahui sejauh mana capaian kinerja dibandingkan dengan target yang telah ditetapkan. Selain itu kita juga mengevaluasi apakah dalam pelaksanaan program dan anggaran tersebut, terdapat kendala yang menghambat realisasi, dan bagaimana rencana tindak lanjut yang diperlukan untuk mengatasi permasalahan tersebut," tambahnya.

 

Sementara Kepala Seksi (Kasi) Penmad Rahmadi, S.Pd.I, MM menyatakan bahwa sejauh ini kendala dalam pelaporan keuangan adalah karena pada Penmad terdapat anak satker yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang memiliki anggaran terpisah sehingga kerap mengalami keterlambatan dalam pelaporannya.

 

"Memang harus ada koordinasi yang lebih matang lagi agar perencanaan, realisasi dan pelaporannya berjalan beriringan. Meski angka IKPA Penmad sudah bagus, kami tidak akan berpuas diri dan tetap berupaya untuk meningkatkannya demi capaian lebih baik di akhir tahun," pungkasnya.

 

Acara Monev diikuti oleh satker lingkup KPPN Tanjung yang memiliki pagu anggaran melebih 10 milyar. Selain Kemenag Balangan, hadir pula perwakilan operator Keuangan dari Polres dan Dinas Pertanahan yang tersebar di 3 kabupaten, yaitu Balangan, Hulu Sungai Utara, dan Tabalong.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments