Bimtek Kamad, Pengawas Harapkan Mutu Madrasah Meningkat dari Tahun ke Tahun

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Rabiah Hasanah, S.Pd.I, MM berharap melalui bimbingan dan pelatihan maka mutu dan kualitas pendidikan di madrasah bisa meningkat dari tahun ke tahun.

 

"Dalam bimtek yang merupakan agenda rutin serta bagian tugas dan fungsi pengawas, kami akan memberikan bantuan sebagai pembimbing bagi Kepala Madrasah (Kamad) dalam menyusun program dan rencana kerja madrasah," ujarnya saat dimintai keterangan usai menjadi pemateri pada kegiatan Bimbingan Pelatihan Profesional Kepala Madrasah di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan, Selasa (05/07/22).

 

Pada kegiatan bimtek yang diikuti 14 Kepala Madrasah Ibtidaiyah dibawah binaannya, Rabiah menjelaskan sebelum menyusun program, sebelumnya Kamad harus mengupas kegiatan yang telah dilakukan selama satu tahun yang lalu dan bercermin diri untuk melakukan evaluasi yang lumrah disebut dengan Evaluasi Diri Madrasah (EDM).

 

"Nantinya penyusunan EDM akan disesuaikan lagi dengan Instrumen Akreditasi Standar Pendidikan (IASP) 2020, barulah diharapkan ke depannya bisa disusun program madrasah yang bersesuaian dengan kebijakan pada EDM tersebut," jelasnya.

 

Sementara Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Ka.Subbag TU) Harmainor, S.Pd.I, MM yang berhadir memberikan sambutan menjelaskan bahwa pengawas juga memiliki tugas memotivasi kamad untuk melakukan supervisi pembelajaran di madrasah masing-masing.

 

"Namun supervisi tidak semudah membalik telapak tangan, banyak kendala ditemui di lapangan. Karenanya kamad bisa meminta kiat khusus dari pengawas, baik dalam bentuk pelaksanaan maupun aplikasi acuan. Jadi tidak ada lagi alasan kamad tidak bisa melakukan supervisi pembelajaran mandiri," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments