Program Catin Menanam, Kemenag Balangan Antusias Beri Dukungan

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Ka.Subbag TU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Harmainor, S.Pd.I, MM menyatakan bahwa Kemenag Balangan siap mendukung program Calon Pengantin (Catin) Menanam yang diprakarsai oleh Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Balangan sebagai bagian dari Gerakan Revolusi Hijau yang digalakkan oleh Gubernur Kalimantan Selatan.

 

"Menanam pohon banyak manfaatnya, semua orang tahu itu. Namun terkadang tidak ada momen atau alasan kuat yang mendorong seseorang untuk melakukannya. Dengan adanya program Catin Menanam ini, menjadi momentum yang pas untuk membiasakan budaya menanam pohon," ujarnya saat menerima kunjungan Kepala Seksi (Kasi) Perlindungan Hutan KPH Balangan H. Emir Faisal, S.Hut bersama rombongan di ruang kerjanya, Selasa (19/07/22).

 

Harmain selanjutnya menambahkan bahwa meskipun penanaman pohon adalah hal yang positif, harus ada landasan hukum yang kuat agar tidak ada unsur pemaksanaan didalamnya, sehingga penting dilakukan penandatangan MoU antara Kemenag Balangan dan KPH Balangan terkait program Catin Menanam tersebut.

 

"Nanti akan kami kumpulkan dulu para Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) untuk dilakukan rapat terkait program ini. Setelah dirasa sudah pas, akan diadakan penandatangan perjanjian kerja sama," ujarnya.

 

Sementara Kasi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Drs. H. Wahid Noor Fajeri yang turut hadir menjelaskan bahwa  KUA Paringin Selatan telah menjadi KUA piloting program Catin Menanam dan sebelumnya juga sudah menandatangani MoU dengan KPH Balangan.

 

"Alhamdulillah respon masyarakat Paringin Selatan cukup positif, jadi saya optimis  pelaksanaan program ini di kecamatan lain tidak akan bermasalah," ungkapnya.

 

Emir selaki Kasi Perlindungan Hutan mengaminkan bahwa program Catin Menanam tidaklah memberatkan karena pohonnya sudah disediakan langsung oleh kehutanan dan bisa diambil secara gratis untuk ditanam di lokasi manapun Catin berkenan.

 

"Tiap catin dapat jatah lima batang pohon. Sengaja kami pilih pohon berbatang keras yang harus ditanam agar bisa tumbuh lama dan memberi manfaat jangka panjang hingga anak cucu di kemudian," tutupnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments