Wukuf di Hari Jum'at, Kasi PHU: Tahun 2022 Jemaah Haji Jalani Haji Akbar

 

Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. M. Fahmi Wahid, M.MPd menjelaskan bahwa sesuai dengan pengumuman pemerintah Arab Saudi, pelaksanaan ibadah haji tahun ini merupakan haji akbar.

 

"Disebut haji akbar karena wukuf sebagai puncak pelaksanaan rangkaian ibadah haji jatuh pada Jum'at, tanggal 8 Juli 2022 bertepatan dengan tanggal 9 Dzulhijjah 1443 H waktu Arab Saudi," ujarnya saat dimintai keterangan di ruang kerjanya pada Jum'at (08/07/22).

 

Fahmi menjelaskan jamaah patut bersyukur bisa menjalankan haji di saat yang istimewa ini karena haji akbar tidak terjadi setiap tahun dan tidak bisa diperdiksi berdasarkan perkiraan tanggal keberangkatan.

 

"Jadi bisa dibilang hikmah dari keterlambatan ibadah haji karena pandemi Covid-19 selama dua tahun ini adalah jamaah yang sudah bersabar menunggu akhirnya bisa menjalani haji di momen haji akbar. Semua diatur memang sudah ada hikmahnya," tambahnya.

 

Selanjutnya Fahmi menyampaikan laporan bahwa semenjak Kamis (08/07/22) jamaah haji kloter Balangan sudah berada di tenda arafah dalam kondisi sehat dengan tetap didampingi petugas kesehatan dari daerah.

 

"Mengingat kondisi tanah arab yang panas maka selalu disampaikan pesan kepada jemaah agar jangan menunggu haus untuk minum. Mari kita doakan semoga pelaksanaan haji akbar tahun ini berjalan dengan lancar dan tertib, serta semoga seluruh jamaah haji mendapat perdikat haji mabrur," tutupnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Kontri

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments