Evaluasi Kinerja Triwulan II, Ka.Kankemenag: Anggaran Harus Terserap Sehat

 


Marabahan (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menyatakan bahwa realisasi capaian kinerja harus terserap sehat, yaitu terlaksana dengan baik dan sesuai dengan rencana kerja yang telah ditetapkan.

 

"Pola penyerapan anggaran yang sehat maksudnya dalam pengelolaan anggaran harus realistis, artinya perencanaan anggaran dilakukan dengan memperhitungkan kebutuhan sesungguhnya sehingga pelaksanaannya tidak menyimpang dan temuan audit dapat diminimalisir," ujarnya dimintai keterangan usai mengikuti Rapat Evaluasi Kinerja Triwulan II Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun Anggaran 2022 di Aula Kemenag Barito Kuala, Sabtu (13/08/22).

 

Terkait Evaluasi Kinerja pada Kantor Kemenag Balangan, Saribuddin menyampaikan bahwa pada Triwulan II ini realisasi anggaran sebesar 59.30%, berada di atas target 50% sehingga berada pada kategori bagus.

 

"Target kita Triwulan III nanti capaian ada di atas 80%. Itu semua bisa dicapai apabila semua satker baik yang berada di Kemenag maupun lingkungan madrasah bekerjasama melaksanakan program kerja yang telah disusun serta melengkapi setiap laporan penyerapan anggaran. Mudahan tercapai," harapnya.

 

Sementara Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Dr. H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd dalam arahannya meminta kepada para Ka.Kankemenag kabupaten/ kota selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) agar terus memantau belanja modal dan barang yang ada di Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di wilayahnya masing-masing.

 

“Selain belanja modal, pantau pula realisasi belanja pegawai dan uang makan agar tidak ada selisih atau kelebihan anggaran,” pungkasnya. 


Rapat Evaluasi Kinerja diikuti oleh seluruh Ka.Kankemenag 13 Kab/Kota se-Kalsel, Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Ka.Subbag TU) se-Kalsel, serta Pengelola Laporan Evaluasi Kinerja Kemenag se-Kalsel.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments