Ka.Kankemenag: Kesepakatan KUA-PPAS Percepat Pembangunan Daerah

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan melalui Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Drs. H. Wahid Noor Fajeri menyatakan bahwa dengan ditandatanganinya Kesepakatan Bersama Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) antara Bupati Balangan H. Abdul Hadi dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab. Balangan Ahsani Fauzan, diharapkan turut membantu percepatan pembangunan daerah.

 

"KUA adalah dokumen yang memuat kebijakan bidang pendapatan, belanja, dan pembiayaan serta asumsi yang mendasarinya untuk periode satu tahun, dan KUA dijadikan sebagai pedoman untuk mengarahkan sumberdaya fiskal Kab. Balangan dalam rangka pencapaian target-target pembangunan sebagaimana yang tercantum dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah," ujarnya dimintai keterangan saat menjadi pembaca doa pada Rapat Paripurna DPRD Kab. Balangan dengan Agenda Kesepakatan Bersama terhadap Raperda KUA dan PPAS Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kab. Balangan Tahun Anggaran 2023 di Aula Sidang DPRD Kab. Balangan, Senin (15/08/22).

 

Sedangkan PPAS menurut Wahid adalah adalah rancangan program prioritas dan patokan batas maksimal anggaran yang diberikan kepada SKPD untuk setiap program sebagai acuan dalam penyusunan RKA-SKPD sebelum disepakati dengan DPRD yang bertujuan menyesuaikan asumsi dalam KUA , baik yang menyangkut proyeksi pendapatan daerah, alokasi belanja daerah, serta sumber dan penggunaan pembiayaan pembangunan

 

"Dengan dicapainya kesepakatan bersama atas dokumen tersebut mudah-mudahan itu adalah hasil yang terbaik dan menjadi salah satu persembahan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Balangan untuk pembangunan daerah," harapnya.

 

Sementara Bupati Balangan H Abdul Hadi menyampaikan apresiasi tinggi pada para pimpinan fraksi dan seluruh anggota dewan yang telah membahas, mendalami dan mengkritisi dokumen rancangan KUA PPAS APBD tahun 2023.

 

"Visi misi kita adalah membangun desa dan menata kota, bahkan menargetkan pada tahun 2023 murni jalan dan jembatan di desa-desa baik dan di 2023 sudah terlihat penataan Kota Balangan, serta perubahan lainnya yang membawa kota Sanggam menjadi lebih baik," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments