Ka.Kankemenag Pinta Baznas Tanamkan Kesadaran Masyarakat Salurkan Zakat

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I meminta kepada para pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang baru dilantik agar bisa memaksimalkan peranannya demi menamakan dalam diri masyarakat tentang pentingnya menyalurkan zakat.

 

"Zakat Fitrah tidak asing lagi bagi masyarakat, namun perhitungan tentang pengeluaran zakat harta atau zakat penghasilan masih banyak yang belum memahami. Diharapkan Baznas bisa mendapat kepercayaan masyarakat untuk menjadi penyalur zakat bagi penerima manfaat, terlebih dengan dibentuknya kepemimpinan baru," ujarnya dimintai keterangan usai menghadiri acara pelantikan empat orang pimpinan Baznas Kabupaten Balangan periode 2022-2027 di Aula Benteng Tundakan, Kamis (04/08/2022).

 

Saribuddin menambahkan bahwa generasi milenial memiliki potensi besar sebagai penyalur zakat ke Baznas mengingat sistem pembayaran zakat harta yang bisa dilakukan secara online melalui situs resmi Baznas.

 

"Baznas bisa bekerjasama dengan para pilantropis milenial dan anak muda yang sudah bekerja agar bisa  meningkatkan jumlah zakat yang akan disalurkan melalui Baznas, serta menjadi teladan bagi teman-temannya untuk rutin mengeluarkan zakat apabila masanya telah tiba," tambahnya.

 

Sementara Bupati Balangan H. Abdul Hadi yang melantik pimpinan Baznas berharap Baznas bisa meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan peran dan fungsinya untuk pengelolaan zakat dengan melakukan berbagai macam inovasi dan terobosan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berzakat.

 

"Kami mengharapkan kepada Baznas Kabupaten Balangan untuk lebih kerja keras lagi dalam mengejar target sesuai program kerja dan saling berkoordinasi dengan instansi terkait," pungkasnya.

 

Diketahui, Baznas merupakan salah satu lembaga pemerintah non struktural yang salah satu tugasnya adalah untuk menghimpun dan menyalurkan zakat sesuai dengan Undang-undang nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat.

 

Adapun empat orang pengurus Bazas Kab. Balangan yang dilantik yaitu Ketua Baznas Kabupaten Balangan Habib Muhammad Assegaf dan tiga orang wakilnya yaitu Wakil Satu Zainal Arifin, Wakil Dua H Kamli Hasan dan Wakil Tiga Saiful Arif.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments