Ka.Kankemenag Pinta Mahasiswa KKN Bantu Sebarkan Pesan Moderasi Beragama

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I meminta kepada para mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kab. Balangan agar ikut membantu menyebarkan pesan mdoerasi beragama kepada masyarakat tempat mereka melakukan pengabdian.

 

"Sebagaimana yang biasa digaungkan, mahasiswa adalah agent of change atau agen perubahan. Sebagai kelompok yang masih begitu semangat untuk berkarya, kita berharap mereka bisa menyalurkan potensi keilmuan yang dimiliki, salah satunya tentang pentingnya menjaga kerukunan dan toleransi antarumat," ujarnya saat dimintai keterangan usai Kegiatan Penyambutan Mahasiswa KKN Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin di halaman Kantor Bupati Balangan, Selasa (16/08/22).

 

Saribuddin selanjutnya menambahkan bahwa tempat yang akan menjadi lokasi KKN di Balangan, yaitu Kec. Halong dan Kec. Tebing Tinggi merupakan dua kecamatan yang dikenal dengan kemajemukan masyarakatnya terutama dalam hal keagamaan sehingga diharapkan para mahasiwa bisa melatih jiwa sosial mereka dalam hal berhadapan langsung dengan bermacam tipe orang.

 

"Titip pesan juga agar bisa menghormati adat kebiasaan yang ada disana agar tidak terjadi pergesekan dengan warga. Tapi saya yakin sebagaimana yang sudah-sudah, mahasiswa KKN bisa ikut memberikan sumbangsih bagi Balangan meski bukan dengan materi, namun dengan pemikiran serta ide-ide segar yang ikut berjasa membangun bumi Sanggam," harapnya.

 

Sementara Bupati Balangan yang diwakili Sekretaris Daerah Balangan, H Sutekno menyambut dengan tangan terbuka kehadiran para 143 orang mahasiswa UIN Antasari untuk melakukan KKN di Kabupaten Balangan dengan harapan mahasiswa dapat melakukan koloberasi dengan warga setempat serta menyesuaikan diri dengan lingkungan desa tenpat dilakukannya KKN.

 

“Lakukanlah pendekatan dan konsultasi dengan aparat desa tentang apa yang dapat dilakukan sehingga tidak terkesan melakukan inisiatif sendiri dalam program KKN. Tentunya harapan kita semoga kehadiran adik-adik sekalian akan membawa perubahan yang nyata bagi desa yang dikunjungi," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Ratno

Related Posts

Post a Comment

0 Comments