Kasi Penmad: Hasil Belajar Murid Dipengaruhi Sembilan Dimensi Penting

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Rahmadi, S.Pd.I, MM menjelaskan bahwa sedikitknya ada sembilan dimensi penting yang mempengaruhi hasil belajar siswa.

 

"Pertama yaitu latar belakang sosial-ekonomi murid, diharapkan murid dengan kondisi berbada memiliki hak yang sama dalam mengakses dan memperoleh layanan pendidikan yang berkualitas. Kedua adalah kualitas pembelajaran di kelas mencakup indikator manajemen kelas, dukungan afektif, pembelajaran interakti dan penyesuaian cara mengajar dengan tingkat kemampuan murid," jelasnya panjang lebar saat ditemui di ruang kerjanya pada Rabu (03/08/22).

 

Ketiga adalah refleksi dan perbaikan pembelajaran oleh guru. Keempat kepemimpinan instruksional yaitu kemampuan kepala madrasah dalam menysuun dan mengkomuniaksikan visi, misi, program dan kebijakan yang mendukung guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Selanjutnya yang kelima yaitu iklim keamanan di satuan pendidikan, yakni sekolah harus bisa memberikan perlindungan dan rasa aman bagi warga madrasah, baik secara fisik maupun psikologis.

 

"Keenam adalah iklim kebhinekaan yang menghargai keragaman agama maupun sosial-budaya dan dukungan kesetaraan hak. Ketujuh iklim kesetaraan gender, yaitu bagaimana madrasah berperilaku adil, memberikan kesempatan yang sama baik laki-laki maupun perempuan dalam menjalankan peranannya. Ke delapan adalah iklim inklusivitas yakni penerimaan dan dukungan guru terhadap murid dengan disabilitas serta murid cerdas istimewa. Terakhir yaitu dukungan orang tua dan murid terhadp program madrasah," paparnya.

 

Semua gambaran kondisi madrasah tentang sembilan dimensi tersebut menurut Rahmadi dapat diketahui melalui Survei Lingkungan Belajar yang harus diisi Kepala Madarsah beserta seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan di madrasah.

 

"Survey Lingkungan Belajar berperan penting untuk memperoleh potret mutu satuan pendidikan secara utuh dari input, proses dan hasil, guna peningkatan hasil mutu pendidikan serta mengetahui berbagaia spek pendukung suasana lingkungan belajar yang lebih komprehensif," pungkasnya.

 

Pelaksanaan Survei Lingkungan Pelajar Kepala Satuan Pelajar dan Pendidik Tahun 2022 berjenjang mulai tingkat Madrasah Aliyah (MA) hingga Madrasah Ibtidaiyah (MI). Adapun jadwal pengisian suvey bagi tingkat MA tanggal 1-10 Agustus 2022, bagi tingkat Madrasah Tsanawiyah Tanggal 11-20 Agustus 2022 dan tingkat MI tanggal 22-31 Agustus 2022.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

 

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments