KKMTs, Ka.Kankemenag: Akreditasi Bukti Pengakuan Keberadaan Madrasah

 

Paringin (Kemenag Balangan) - "Akreditasi bukti pengakuan keberadaan madrasah," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I saat memberikan arahan pada Rapat Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) di Aula MTs Negeri 2 Balangan, Senin (15/08/22).

 

Menurut Saribuddin, madrasah sekarang tidak seperti yang dulu lagi yang sering dianggap dan diperlakukan sebagai lembaga pendidikan kelas bawah. Seiring perkembangan zaman, madrasah telah memiliki derajat yang sama dengan sekolah yakni kesamaan regulasi, pengakuan dan anggaran.

 

"Karenanya maka saya minta seluruh pengelola madrasah mempersiapkan segala sesuatunya terkait akreditasi dengan sebaik mungkin. Sehingga saat tiba waktunya dapat menyajikan data dengan sempurna, dan hasilnya bisa sesuai dengan harapan kita semua," terangnya.

 

Selanjutnya Saribuddin menjelaskan akreditasi madrasah adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan dalam bentuk yang diterbitkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional.

 

"Namun sebenarnya, akreditasi bukan hanya persoalan mengumpulkan dokumen persyaratan administratif, melainkan bagaimana madrasah bisa menerapkannya sehingga mendapat kepercayaan masyarakat. Jadi apabila sudah menyandang status akreditasi, pastikan pelayanan yang diberikan juga membaik," harapnya.

 

Pada rapat yang dihadiri Kepala MTs se-Kab. Balangan tersebut, Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Rahmadi, S.Pd.I, MM juga meminta kepada para guru untuk mengisi Survei Lingkungan Belajar, Program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,Riset dan Teknologi  bagi para Kepala Satuan Pelajar dan Pendidik Tahun 2022 dimana untuk jenjang MTs diselenggarakan pada tanggal 11-20 Agustus 2022.

 

"Jelang Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau (ANBK) 2022, pastikan pula persiapan berjalan lancar. Di bulan Agustus ini digelar beberapa Simulasi, ikuti dengan baik agar tidak ada kendala saat pelaksaan faktual di tanggal mainnya," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments