Manasik Haji Sepanjang Tahun, Kasi PHU: Ikhtiar Bentuk Kemandirian Jamaah

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. M. Fahmi Wahid, M.MPD menyatakan bahwa pelaksanaan manasik haji sepanjang tahun merupakan satu ikhtiar untuk membentuk kemandirian jamaah melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci secara independen.

 

"Ada beberapa tujuan digelarnya manasik haji sepanjang tahun. Pertama, meningkatkan kualitas pemahaman jamaah terhadap pelaksanaan ibadah haji. Kedua, meningkatkan kualitas pelaksanaan ibadah haji. Ketiga, yaitu meningkatkan dan mengembangkan materi bimbingan ibadah karena materi ini perlu terus di evaluasi," ujarnya saat memberikan arahan pada Kegiatan Bimbingan Manasik Haji dan Umrah Sepanjang Tahun Jamaah Haji Kab. Balangan di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan, Kamis (11/08/22).

 

Tujuan keempat tambah Fahmi adalah meningkatkan kualitas strategi pelayanan bimbingan ibadah. Kelima, meningkatkan layanan ibadah haji yang dapat bersinergi dengan layanan lainnya. Keenam, meningkatkan performa dalam memberikan pelayanan ibadah haji. Dan terakhir untuk meningkatkan indeks pelayanan ibadah haji Kementerian Agama.

 

"Kita sadari masih ada jemaah haji yang belum memahami betul bagaimana pelaksanaan haji, banyak bergantung dengan ketua regu atau ketua rombongan dalam meminta bimbingan. Hal tersebut tidak keliru, tapi kita yakini apabila jamaah bisa mandiri dalam mengingat setiap urutan rukun serta bacaan dan doanya, maka pelaksanaan haji bisa lebih khusyu'," tambahnya.

 

Selanjutnya Fahmi menjelaskan bahwa peserta yang ikut dalam kegiatan bimbingan manasik haji dan umrah sepanjang tahun di Kab. Balangan ada 150 jamaah yang merupakan jamaah estimasi berangkat tahun 1444 H serta jamaah yang tertunda keberangkatannya di tahun 1443 H ini.

 

"Pelaksanaan manasik sepanjang tahun ini merupakan tindak lanjut dari penandatangan MOU antara Kelompok Bimbingan Manasik Haji dan Umrah (KBMHU) Yamnu Hijr Ismail Kab. Balangan dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan. Hari ini adalah pembukaan, pelaksanaan pertama kegiatan, selanjutnya akan digelar secara berkesinambungan dengan tujuan akhir kemandirian jamaah," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments