Pantau Pelaksanaan KSM, Ka.Kankemenag Ingatkan Disiplin Waktu

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kab. Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I mengingatkan akan pentingnya manajemen disiplin waktu bagi peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) agar setiap pertanyaan bisa dijawab sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

 

"Perhatikan waktu mulai dan berakhirnya tiap sesi. Selain itu ikuti aturan dan tata tertib yang telah ditetapkan agar tidak melakukan kesalahan yang jangan sampai malah membawa diskualifikasi peserta," ujarnya saat melakukan monitoring pelaksanaan KSM Tingkat Kab. Balangan Tahun 2022 di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan, Senin (15/08/22).

 

Saribuddin selanjutnya menyampaikan bahwa melalui ajang KSM diharapkan siswa bisa mengasah kemampuan akademik sekaligus nilai integritas dan sportivitas yang kuat serta mengaktualisasikan kemampuan terbaiknya dalam kemandirian dan prestasi yang dimiliki.

 

"KSM diharapkan mampu mendongkrak peningkatan kualitas mutu pendidikan di madarsah. Semoga peserta di Kab. Balangan yang lolos nantinya dapat bersaing di level provinsi hingga nasional yang  tentunya akan memberikan kebanggaan tidak hanya madrasah yang diwakilinya, tetapi juga Kantor Kemenag Balangan bahkan masyarakat Bumi Sanggam pada umumnya," harapnya.

 

Sofia Amira Az-Zahra, siswa Kelas 6 dari Madarsah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 6 Balangan yang mengikuti ajang KSM cabang Matematika Terintegrasi saat diwawancara mengatakan bahwa soal-soal yang diberikan sedikit susah, namun tetap diupayakan bisa menjawab.

 

"Saya sudah berusaha sebaik mungkin, harapannya bisa membanggakan sekolah," ujarnya.

 

Sementara Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Rahmadi, S.Pd.I, MM mengatakan bahwa KSM digelar selama tiga hari pada tanggal 13 s.d 15 Agustus 2022 yang diikuti peserta tingkat Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Ibitidaiyah.

 

"Total peserta ada 139 orang dengan rincian 63 peserta tingkat MA, 58 untuk tingkat MTs, dan 18 orang tingkat MI. Pelaksanaan dibagi menjadi dua hingga tiga sesi dan alhamdulillah berdasarkan pantauan kami sejauh ini berjalan lancar. Semoga KSM dapat menghasilkan juara yang bisa membawa nama harum daerah di tingkat selanjutnya," tutupnya.

 

Diketahui, KSM adalah kegiatan yang digelar untuk membangun Kompetisi Sains Madrasah di jenjang MI, MTs, dan MA. KSM menjadi ajang positif dalam membangun budaya kompetisi di madrasah yang mengolaborasi sains dengan konteks nilai-nilai islam yang diwujudkan dalam soal-soal yang muatannya terintegrasi antara sains dan nilai-nilai keislaman.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments