Penceramah: Umur Tidak Hanya Soal Kuantitas, Namun Juga Kualitas

 


Paringin (Kemenag Balangan) - "Sebaik-baik diantara kalian ialah orang yang panjang umurnya dan baik pula amalannya," begitu disampaikan penceramah Ustadz H. Syamsul Arifin mengutip hadits Rasulullah SAW saat memberikan siraman rohani pada Kegiatan Pembinaan Mental Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan di Musholla Al Anshor Kantor Kemenag Balangan, Senin (15/08/22).

 

Syamsul menjelaskan bahwa maksud dari hadits tersebut adalah umur manusia tidak hanya dilihat dari panjangnya atau kuantitasnya, namun juga dari amal atau kualitas hidupnya. "Percuma kalau kuantitasnya bagus, tapi kualitasnya buruk. Kedua hal tersebut harus berjalan beriringan," jelasnya.

 

Selanjutnya Syamsul menyampaikan bahwa terkait kualitas atau jumlah umur, hal tersebut adalah perkara ghaib dan merupakan rahasia Allah, namun kualitas atau amal merupakan tanggung jawab manusia sehingga alangkah bagusnya apabila umur panjang harus pula diriingin dengan amal yang berkualitas.

 

"Setiap orang akan diminta pertanggungjawaban tentang umur yang dianugerahkan kepadanya.

Sebenarnya dalam Islam, bukan usia panjang yang terpenting, melainkan keberkahan usia. Keberkahan ditandai dengan bagusnya amal ibadah dan akhlaq serta karya yang bermanfaat bagi generasi sesudahnya. Semoga Allah SWT selalu bersama kita," doanya.

 

Sementara Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Ka.Subbag) TU Harmainor, S.Pd.I, MM yang ikut berhadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan salah satu contoh upaya manusia tidak menyia-nyiakan umur adalah dengan tidak menunda pekerjaan yang diberikan, karena manusia tidak pernah tahu kapan masa sibuknya, sehingga segerakan tugas yang dititahkan sesegera mungkin.

 

"Seorang muslim ideal adalah yang sikap hidupnya berorientasi pada nilai produktivitas dan efektivitas. Manfaatkan setiap kesempatan dalam hidup ini untuk berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments