Pengawas: Disiplin Guru Awali Kedisiplinan Murid

 


Paringin (Kemenag Balangan) - "Disiplin guru awali kedisiplinan murid," begitu disampaikan Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Syahrillah, S.Pd.I, M.SI  saat memberikan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Terkait Kompetensi, Tupoksi dan Disiplin Kerja pada Madrasah Aliyah (MA) Darussalam Awayan, Senin (08/08/22).

 

Menurut Syahrillah guru adalah sosok yang berpengaruh dalam pembentukan generasi berkarakter yang memiliki akhlak budi pekerti mulia di masa depan sehingga guru memiliki tanggung jawab yang tidak ringan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui lembaga pendidikan, dalam hal ini madrasah.

 

"Keberadaan guru sebagai sosok inspirasi bagi peserta didik membuat guru dituntut memiliki kompetensi dan kedisiplinan yang tinggi untuk memenuhi tugas yang diamanatkan. Ambil contoh saja jam datang ke sekolah. Kalau gurunya datang tepat waktu, murid tidak akan berani datang terlambat. Begitu pula bila guru disiplin masuk kelas saat mulai jam pelajaran, murid akan membentuk kebiasaan tersebut dalam dirinya," paparnya panjang lebar.

 

Selanjutnya menurut Syahrillah disiplin dalam melaksanakan tugas merupakan bentuk ikhtiar penguatan komitmen guru untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitas dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya selaku guru dan juga Aparatur Sipil Negara (ASN).

 

"Kompetensi dasar guru yaitu kompetensi pedagogis, profesional, kepribadian dan sosial harus benar-benar dipahami dan dikuasai, dengan juga menerapkan lima aspek budaya kerja kemenag. Mari bersama-sama menjaga citra lembaga agar madrasah semakin unggul di mata masyarakat," pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

 

Related Posts

Post a Comment

0 Comments