Sosialisasikan Tes IVA dan Sadanis, DWP Kemenag Gandeng Dinkes Balangan

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kab. Balangan menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab. Balangan untuk melakukan sosialisasi pelaksanaan Tes IVA dan Sadanis kepada anggota DWP Kankemenag Balangan, Senin (08/08/22) di Aula Asy Syura Kantor Kemenag Balangan.

 

Hj. Siti Aminah Saribuddin selaku ketua DWP Kemenag Balangan dalam sambutannya menjelaskan bahwa sosialisasi dilakukan agar peserta yang ingin melakukan tes IVA namun masih memiliki perasaan ragu-ragu bisa menghilangkan kebimbangannya karena sebelum pelaksanaan tes, bisa bertanya langsung dengan narasumber dari Dinkes Balangan.

 

“Tes ini sebagai upaya deteksi dini kanker serviks dan payudara agar para ibu cantik tetap sehat jasmani maupun rohani. Kalau merasa ada yang masih ditakutkan terkait prosesnya, bisa langsung bertanya,” ujarnya.

 

Aminah berharap dengan diselenggarakan tes IVA dan Sadanis yang dilaksanakan secara serempak pada tanggal 10 Agustus 2022 nanti keluarga besar Kemenag Balangan khususnya anggota DWP dapat terhindar dari kanker serviks dan payudara, sekaligus memperoleh wawasan juga pengetahuan terkait deteksi dini kanker serviks dan payudara.

 

"Jangan menolak untuk diperiksa karena pemeriksaan IVA ini tidak dipungut biaya dan tidak ada faktor resikonya," terangnya

 

Sementara Kepala Kankemenag Balangan Drs. H. Saribuddin yang berhadir membuka acara mengatakan bahwa kesehatan reproduksi perempuan sangat penting untuk dipahami dan dimengerti oleh kaum perempuan. Sehingga diharapkan melalui kegiatan ini, dapat menumbuhkan rasa kesadaran dan meningkatkan kewaspadaan yang tinggi terkait masalah kesehatan reproduksi perempuan.

 

“Tes IVA dan Sadanis ini demi menjaga kesehatan, karena Istri sehat suami semangat,” tuturnya.

 

Selanjutnya dr. Ismawati selaku narasumber dari Dinkes Balangan mengatakan pemeriksaan IVA dan Sadanis gratis ini sangat dianjurkan karena kanker serviks dan kanker payudara adalah pembunuh nomor satu bagi wanita di Indonesia.

 

“Jangan sampai tidak sadar telah terjadi sesuatu di dalam tubuh kita, tahu-tahu sudah divonis sakit yang parah. Mari kita sama-sama belajar tentang masalah kesehatan reproduksi perempuan, terutama tentang penyakit kanker yang mengintai kaum perempuan, yaitu kanker serviks dan kanker payudara,” pungkasnya.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments