Tes IVA dan Sadanis Sukses, Ketua DWP Kemenag Balangan Apresiasi Semua Pihak Pendukung

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan Hj. Siti Aminah Saribuddin mengatakan suksesnya pelaksanaan Tes IVA dan Sadanis Gratis Serentak se-Indonesia yang juga ikut digelar DWP Kemenag Balangan tidak lepas dari peran banyak pihak pendukung.

 

"Pertama kepada seluruh panitia dan anggota DWP Kemenag Balangan yang sedari awal tidak penah lelah merancang agar pelaksanaan tes IVA bisa berjalan lancar. Juga kepada Kepala Kankemenag Balangan beserta ASN lain yang turut memberikan bantuan teknis mengingat anggota DWP kan perempuan semua," ujarnya dimintai keterangan saat memantau pelaksanaan tes IVA dan Sadanis di Puskesmas Paringin Selatan, Rabu (10/08/22).

 

Aminah juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kab. Balangan yang turut aktif bekerja sama menyediakan alat tes IVA dan Sadanis secara gratis bagi peserta, serta kepada sponsor Bank Syariah Indonesia (BSI), PT. Adaro Mining dan UPZ Kemenag yang turut memberikan dukungan berupa dana untuk pemberian souvenir dan konsumsi bagi peserta dan panitia.

 

"Tak ketinggalan ucapan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh peserta yang ikut berpartisipasi dalam tes IVA dan Sadanis ini, dimana peserta yang terlibat tidak hanya anggota DWP secara khusus, namun juga masyarakat umum di Bumi Sanggam," terangnya.

 

Aminah yang juga turut menjadi peserta tes IVA dan Sadanis menjelaskan bahwa tes ini tidaklah menakutkan, bahkan hasilnya bisa diketahui di tempat. "Yang terpenting kerahasiaannya terjaga. Jadi kalau pun terjadi sesuatu, peserta akan dihubungi langsung oleh pihak medis, bukan melalui panitia. Kita niatkan ini semua menjadi ikhtiar bersama untuk menjaga kesehatan jasmani, Insya Allah bernilai ibadah," pungkasnya.

 

Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Sedang Sadanis atau periksa payudara klinis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan (nakes) terlatih. Diketahui, di Kab. Balangan ada 45 orang yang mengikuti tes IVA dan Sadanis Gratis dari total 16,335 peserta yang terdaftar se-Indonesia.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments