Evaluasi KSM, Ka.Kankemenag: Persiapan Peserta Jauh-Jauh Hari

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I menjadi pembina pada apel bersama di lingkungan Kantor Kemenag Balangan, Selasa (20/09/22) di halaman kantor Kemenag Balangan.

 

Dalam amanatnya Saribuddin menyatakan perlu dilakukan evaluasi dari hasil pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2022 yang baru saja berakhir, salah satunya terkait persiapan siswa.

 

"Dari hasil KSM Tahun 2022 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang baru saja berlangsung, kita dapati bahwa prestasi anak didik kita masih memiliki banyak ruang untuk peningkatan di masa-masa mendatang. Pada KSM Tingkat Kabupaten juga kita dapati bahwa ternyata yang menjadi juara umum adalah madrasah swasta, sehingga ini menjadi PR bersama, khususnya bagi madrasah negeri, agar prestasinya tidak kalah dengan yang swasta," paparnya panjang lebar.

 

Saribuddin menambahkan bahwa untuk pelaksanaan KSM Tahun 2023 mendatang, tidak ada salahnya untuk melakukan persiapan mulai sekarang, yaitu dengan menyiapkan kondisi siswa yang selain diberi masukan materi ajar sesuai kurikulum, juga diberi pengetahuan tambahan tentang soal-soal yang biasanya diujikan dalam KSM khusunya bagi para siswa berprestasi.

 

"Ada baiknya juga kita bentuk panitia KSM tingkat kabupaten. Jadi disitu para guru bisa saling berbagi tentang apa saja kesiapan yang telah dilakukan dan berbagi materi. Jadi para murid jadi lebih terarah dalam belajarnya," tambahnya.

 

Meski begitu Saribuddin tetap menekankan bahwa dalam suatu kompetensi, yang paling utama adalah keberanian para siswa untuk tampil bertanding terlepas dari hasil akhir yang nantinya diperoleh.

 

"Mental yang kuat menjadi bekal kecerdasan penting yang harus dimiliki seorang siswa. Kalau mental sudah siap maka materi yang dipelajari juga melekat di otak. Mudah-mudahan di tahun mendatang prestasi siswa Balangan di ajang KSM bisa meningkat dan lebih baik lagi," pungkasnya.

 

Apel bersama juga diikuti oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan para Kepala Seksi, Pengawas Madrasah dan Guru Agama, Kepala Madrasah dan Kepala Urusan Tata Usaha Madrasah, Kepala Kantor Urusan Agama dan Penyuluh agama serta seluruh karyawan/ti di Kantor Kemenag Balangan.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments