Evaluasi RB dan SAKIP, Ka.Kankemenag: Bukan Mengejar Nilai, Tapi Bukti Transformasi

 


Paringin (Kemenag Balangan) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Balangan Drs. H. Saribuddin, M.Pd.I bersama Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Ka.Subbag TU) Harmainor, S.Pd.I, MM mengikuti Rapat Evaluaiu Reformasi Birokrasi (RB) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada Kementerian Agama Tahun 2022 via zoom meeting di ruang kerjanya, Senin (19/09/22).

 

Saribuddin menyatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan evaluasi yang dilakukan adalah untuk memberikan saran perbaikan dan menilai perkembangan percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi dan akuntabilitas kinerja.

 

"Harus kita pahami bersama bahwa pelaksanaan evaluasi ini bukan sekadar mengejar nilai tetapi sebuah bukti bahwa kita di Kementerian Agama benar-benar ingin ada transformasi khususnya di bidang pelayanan," jelasnya.

 

Saribuddin menambahkan bahwa Kemenag Balangan tahun ini juga termasuk salah satu satker yang menjalani program Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sehingga evaluasi RB dan SAKIP menjadi penting khususnya untuk menghadapi tantangan dan strategi percepatan pelaksanaan RB serta strategi penguatan SAKIP.

 

"Melalui ZI kita ingin ikut terlibat aktif mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, pemerintahan yang kapabel serta meningkatnya kualitas pelayanan publik kepada masyarakat," harapnya.

 

Sementara Sekjen Kemenag Nizar Ali dalam sambutannya meminta agar tahun 2022 ini ada kenaikan signifikan pada indeks reformasi birokrasi Kementerian Agama.

 

"Tahun 2021, nilai RB dan SAKIP Kementerian Agama selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, meskipun signifikansi kenaikannya masih perlu ditingkatkan lagi. Kenaikan yang belum signifikan itu masih meninggalkan beberapa catatan dan rekomendasi. Pelaksanaan tindak lanjut atas rekomendasi tersebut menjadi salah satu program prioritas Kemenag dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan SAKIP setiap tahunnya," pungkasnya.

 

Rapat yang digelar secara hybrid, daring dan luring tersebut diikuti para pejabat Eselon I dan II Kemenag, Kakanwil Kemenag Provinsi, Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN), Kepala Kankemenag Kab/Kota, Kepala Balai, Kepala UPT Asrama Haji, Tim Penilai Internal, Ketua dan Agggota Tim Reformasi Birokrasi, serta Tim Evaluasi implementasi SAKIP dan RB Kementerian Agama tahun 2022.

 

Penulis: Uswah

Foto: Uswah

Related Posts

Post a Comment

0 Comments